KOMUNIKASI ORANG TUA, SEKOLAH DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SMPIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Fidiyanti, Arzum (2023) KOMUNIKASI ORANG TUA, SEKOLAH DAN GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI SMPIT NIDAUL HIKMAH SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ARZUM FIDIYANTI 14.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ARZUM FIDIYANTI 14.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fidiyanti, Arzum. 2023. Komunikasi Sekolah, Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Penddikan Agama Islam bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Rahmat Hariyadi, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi, Guru PAI, Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) komunikasi antara sekolah, orang tua, dan guru berkaitan dengan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di SMPIT Nidaul Hikmah, 2) strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti bagi anak berkebutuhan khusus, 3) faktor pendudukung dan penghambat pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti bagi anak berkebutuhan khusus di SMPIT Nidaul Hikmah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer berupa hasil pengamatan dan wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, guru pendamping khusus, orang tua, teman dan anak berkebutuhan khusus SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga. Sumber data sekunder berupa dokumen yang mendukung penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Komunikasi sekolah, guru dan orang tua anak bekebutuhan khusus di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga. Komunikasi antara sekolah dengan orang tua secara umum dilakukan melalui program POMG (Pertemuan Orang Tua Murid dan Guru) di sekolah sedangkan secara khusus dilakukan dengan pertemuan individu guru dengan orang tua, untuk komunikasi guru-guru di sekolah dilakukan melalui kolaborasi antara guru PAI dengan guru pendamping khusus dalam membuat perencanaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, namun untuk komunikasi anak berkebutuhan khusus dengan teman di sekolah masih terkendala dengan kondisi anak. 2) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga dilakukan dengan menyesuaikan kondisi anak berkebutuhan khusus. pembelajaran untuk anak tunanetra menggunakan kurikulum regular dan dilakukan di kelas didampingi guru pendamping, untuk anak disleksia menggunakan kurikulum modifikasi serta pembelajaran dilakukan diruang tersendiri. 3) faktor pendukung yakni dengan komunikasi serta kerjasama yang baik dari pihak sekolah dengan orang tua, ketersediaan guru pendamping khusus, adanya dukungan dari semua aspek sekolah, adanya dukungan dari yayasan maupun dinas pendidikan. Faktor penghambat yakni kurangnya pemahaman orang tua tentang kondisi anak berkebutuhan khusus, belum ada guru pendamping khusus yang ahli di bidang tersebut, kondisi anak berkebutuhan khusus, sarana dan prasarana yang masih kurang mendukung pembelajaran anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 20:35
Last Modified: 03 Nov 2023 20:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item View Item