PERAN DINAS SOSIAL DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BANTUAN SOSIAL PADA KELUARGA MISKIN DI DESA GOLAN TEPUS KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS

pangesti, Hada (2023) PERAN DINAS SOSIAL DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BANTUAN SOSIAL PADA KELUARGA MISKIN DI DESA GOLAN TEPUS KECAMATAN MEJOBO KABUPATEN KUDUS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Hada Pangesti 43030190024..pdf

Download (3MB)
[img] Text
Hada Pangesti 43030190024..pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran dinas sosial dalam memberikan pelayanan bansos, bagaimana dampak pelayanan bansos bagi keluarga miskin di Desa Golan Tepus, Kecamatan mejobo, Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara Kasi pelayanan desa, Kadus 1, Kepala seksi pemerintahan desa, dan Pegawai TKSK dinas sosial dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto arsip kantor yang releven dengan tujuan dan masalah penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dinas sosial dalam memberikan pelayanan bansos memiliki peran sebagai pengusul, selebihnya kewenangan ada di tingkat pusat. Selain itu peran dinas sosial adalah memberikan arahan solusi kepada permasalahan bansos yang nantinya akan diadakan kerjasama antar desa dalam memberikan informasi dalam setiap permasalahan pelayanan pengajuan bantuan sosial. Adapun kegiatan pelayanan bansos bagi warga miskin di Desa Golan tepus masih minimnya pemahaman sifat bantuan sosial. Diperlukan adanya informasi yang membangun antar peran dinas sosial dan desa setempat dalam memberikan pelayanan bantuan sosial kepada warga penerima manfaat. Hal ini diharapkan agar warga tidak terlalu bergantung dari adanya bantuan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 20:39
Last Modified: 03 Nov 2023 20:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19088

Actions (login required)

View Item View Item