IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMP IT DARUL FIKRI BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Indrawati, Faizah (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMP IT DARUL FIKRI BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Faizah Indrawati (12010210024).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis Faizah Indrawati (12010210024).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis Faizah Indrawati (12010210024).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis Faizah Indrawati (12010210024).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis Faizah Indrawati (12010210024).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis Faizah Indrawati (12010210024).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Tesis Faizah Indrawati (12010210024).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter kedisiplinan dan kemandirian di SMP IT Darul Fikri Bawen, (2) untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter kedisiplinan dan kemandirian di SMP IT Darul Fikri Bawen tahun 2023, (3) untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi dari pendidikan karakter kedisiplinan dan kemandirian siswa di SMP IT Darul Fikri Bawen tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sementara, teknik analisis data dengan melakukan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis disampaikan melalui penyampaian data secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter kedisiplinan dan kemandirian siswa di SMP IT Darul Fikri Bawen yaitu melalui terintegrasi dalam kurikulum maupun program sekolah, terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar atau aktivitas di dalam kelas, terintegrasi dalam kegiatan pengembangan diri (Pramuka, Fun Cooking, dan Fun Gardening), dan terintegrasi dalam kegiatan boarding/pondok pesantren. (2) Evaluasi pendidikan karakter kedisiplinan dan kemandirian di SMP IT Darul Fikri Bawen Kabupaten Semarang Tahun 2023, antara lain melalui teknik evaluasi yang digunakan, dampak pendidikan karakter terhadap prestasi dan dampak pendidikan karakter terhadap sikap peserta didik. (3) Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter yaitu kurangnya koordinasi antara pondok dengan sekolah reguler, faktor dari anak itu sendiri, kebiasaan buruk yang dilakukan di rumah dibawa ke sekolah dan pondok, mendapatkan contoh yang kurang baik dari temannya, teladan dari warga sekolah yang kurang, kurangnya dukungan orang tua, padatnya jadwal kegiatan di sekolah dan pondok, dan kurangnya tenaga pengajar di SMP IT Darul Fikri Bawen. Solusi yang diberikan terhadap hambatan implementasi yaitu adanya evaluasi mingguan dari pada pengajar dan warga sekolah, pembinaan wali kamar, kerjasama antar semua warga sekolah, warga sekolah mencontohkan karakter kedisiplinan dan kemandirian terlebih dahulu, dan menambah tenaga pengajar untuk membersamai dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 21:15
Last Modified: 03 Nov 2023 21:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19101

Actions (login required)

View Item View Item