PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP HARDINESS PADA GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN

AMANAH, RISKI (2023) PENGARUH LEADER-MEMBER EXCHANGE DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP HARDINESS PADA GURU SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN PONCOWARNO KABUPATEN KEBUMEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FILE SKRIPSI RISKI AMANAH 43040190253 KIKI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amanah, Riski. 2023. Pengaruh Leader-Member Exchange dan Internal Locus Of Control Terhadap Hardiness pada Guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Reza Ahmadiansah, M.Si. Kata Kunci: Leader-member exchange, internal locus of control dan hardiness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ada atau tidaknya pengaruh leader-member exchange terhadap hardiness pada guru sekolah dasar, (2) ada atau tidaknya pengaruh internal locus of control terhadap hardiness pada guru sekolah dasar, dan (3) pengaruh leader-member exchange dan internal locus of control terhadap hardiness pada guru sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 100 responden dan sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan atau seleksi tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berupa skala LDX-MDM, internal locus of control, dan occupational hardiness questionnaire (OHQ) yang diadaptasi dari teori yang digunakan dalam penelitian ini dengan pertimbangan melihat skala yang telah diadaptasi dan yang telah dikembangkan oleh penelitian sebelumnya. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan variabel bebas leader-member exchange (X1), internal locus of control (X2) dan variabel terikat yaitu hardiness (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil signifikan leader-member exchange sebesar 0,594 > 0,05 sehingga tidak terdapat pengaruh leader-member exchange terhadap hardiness pada guru sekolah dasar. 2) hasil signifikan internal locus of control sebesar 0,012 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh internal locus of control terhadap hardiness pada guru sekolah dasar. 3) leader-member exchange dan internal locus of control secara bersama-sama berpengaruh terhadap hardiness guru sekolah dasar. Hal ini diperkuat dengan hasil uji F yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (3.185 > 3.115) dan nilai signifikasinya adalah 0,047 < 0,05, yang menunjukkan bahwa leader-member exchange dan internal locus of control secara bersama-sama berpengaruh terhadap hardiness pada guru sekolah dasar. Nilai R Square sebesar 7,6% variabel independen dapat mempengaruhi hardiness sedangkan 92,4% hardiness dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 21:41
Last Modified: 03 Nov 2023 21:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19106

Actions (login required)

View Item View Item