Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah

S.Pd., Akhmad Haryanto (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis_Akhmad Haryanto .pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis_Akhmad Haryanto .pdf

Download (2MB)
[img] Text
Tesis_Akhmad Haryanto .pdf

Download (2MB)

Abstract

Haryanto, Akhmad. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Sistem Tata Surya untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis bagi Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk Mendiskripsikan hasil analisis kebutuhan media Pembelajaran Augmented Reality pada materi sistem tata surya; mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality materi sistem tata surya; menganalisis kelayakan media pembelajaran Augmented Reality materi sistem tata surya; dan menganalisis efektivitas media pembelajaran Augmented Reality terhadap kemampuan analitis peserta didik pada materi sistem tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research development) dengan prosedur pengembangan Borg and Gall. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas kelas VI di MI Misnaul Ulum Siwuluh dan MI Syuriyah Pebatan Brebes. Teknik pengambilan sampel dengan bentuk sample bertujuan dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan deskriptif statistik, uji prasayat analisis dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian yang telah dianalisis, peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) Guru sangat membutuhkan media pembelajaran Augmented Reality pada materi sistem tata surya. Media pembelajaran Augmented Reality mampu menjadi solusi kesulitas guru dalam mengajarkan konsep – konsep yang masih abstrak pada materi sistem tata surya dengan lebih nyata, interaktif serta menarik bagi peserta didik 2) Media Augmented Reality Arsita merupakan media pembelajaran yang memuat materi sistem tata surya dengan konten 3D berbagai planet dan benda langit tanpa marker. Media Augmented Reality Arsita dapat dijalankan pada sistem komputer dan smartphone. 3) Media pembelajaran Augmented Reality Arsita memperoleh penilaian pada kategori “sangat baik” oleh ahli media, ahli materi dan praktisi. Media Augmented Reality Arsita dikategorikan “sangat layak” sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil uji coba produk. 4) Media pembelajaran Augmented Reality Arsita efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik. Hal tersebut didasari dari uji t-test dengan hasil 0,000 < 0,05 dan nilai thiung = -9,978 < ttabel = -1,711 pada MI Misnaul Ulum Siwuluh sedangkan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = -5,667 < ttabel = -1,761 pada MI Syuriyah Pebatan. Tingkat efektivtas media Augmented Reality Arsita pada kategori sedang berdasarkan uji N-Gain dengan skor 0,45 dan 0,47. Kata kunci: media pembelajaran, augmented reality, r&d, berpikir analitis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2023 23:07
Last Modified: 03 Nov 2023 23:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19118

Actions (login required)

View Item View Item