EFEKTIFITAS SURAT EDARAN BUPATI TEMANGGUNG NOMOR 451.12/368/2017 DALAM OPTIMALISASI ZAKAT PROFESI ASN di KABUPATEN TEMANGGUNG (Studi di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Temanggung)

AMRI, MUHAMMAD FAISHAL (2023) EFEKTIFITAS SURAT EDARAN BUPATI TEMANGGUNG NOMOR 451.12/368/2017 DALAM OPTIMALISASI ZAKAT PROFESI ASN di KABUPATEN TEMANGGUNG (Studi di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Temanggung). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muhammad Faishal Amri_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya surat edaran Bupati Temanggung No. 451.12/368/2017 tentang optimalisasi zakat, infaq dan shadaqah, Melalui Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Temanggung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ke-efektifitasan surat edaran bupati temanggung dalam optimalisasi zakat profesi ASN di Kabupaten Temanggung dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat yang dihadapai oleh BAZNAS Kabupaten Temanggung dalam implementasi surat edaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat study lapangan (field reseach). Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-empiris. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi yang dilakukan di BAZNAS Kabupaten Temanggung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan, yaitu dengan mereduksi data yang diperoleh dari hasil penelitian, memaparkan data dan menarik kesimpulan atas data tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan Surat Edaran Bupati Temanggung nomor 451.12/368/2017 belum mampu mencapai target, artinya dalam penghimpunan zakat profesi di Kabupaten Temanggung belum maksimal. Dalam Penghimpunan Zakat Profesi, BAZNAS Kabupaten Temanggung selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya kepada Pegawai Negeri Sipil yang beragama Islam di Kabupaten Temanggung untuk menumbuhkan kesadaran dalam berzakat. Kemudian Kendala yang dihadapi oleh BAZNAS Kabupaten Temanggung dalam melaksanakan Surat Edaran Bupati Temanggung nomor 451.12/368/2017 adalah dalam Penghimpunan Zakat Profesi di Kabupaten Temanggung terkait dengan budaya hukum masyarakat, khususnya ASN di Kabupaten Temanggung yang belum memiliki kesadaran hukum untuk mengeluarkan zakat profesinya secara utuh sesuai yang dianjurkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2023 02:49
Last Modified: 04 Nov 2023 02:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19124

Actions (login required)

View Item View Item