Pengaruh Financial Literacy terhadap Wealth Accumuolatin dengan Kecerdasan Spiritual Islam sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Kota dan Kabupaten Magelang)

nafisah, khilmatun (2023) Pengaruh Financial Literacy terhadap Wealth Accumuolatin dengan Kecerdasan Spiritual Islam sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Kota dan Kabupaten Magelang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
inbound6444960852212376271.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah beberapa jenis financial literacy yaitu deposit literacy, risk literacy dan debt literacy berpengaruh terhadap wealth accumulation, dengan kecerdasan spiritual islam sebagai variabel moderasi. Responden dalam penelitian ini adalah 200 rumah tangga islam di Kota dan kabupaten Magelang . Melalui uji regresi MRA diketahui bahwa variabel independent secara simultan mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan secara parsial, deposit literacy, risk literacy dan debt literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap wealth accumulation. Selanjutnya , variabel kecerdasan spiritual islam berpengaruh positif namun tidak signifikan dalam mempengaruhi hubungan antara deposit literacy terhadap wealth accumulation. Sementara hubungan antara risk literacy dan debt literacy terhadap wealth accumulation tidak dipengaruhi oleh kecerdasan spiritual islam. Hal ini mengindikasikan betapa pentingnya financial literacy dalam peningkatan wealth accumulation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2023 04:51
Last Modified: 04 Nov 2023 04:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19128

Actions (login required)

View Item View Item