Ma'sum, Muhammad (2023) Kajian Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtida'iyah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Muhammad Ma'sum_NIM 23040190039_PGMI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhammad Ma'sum_NIM 23040190039_PGMI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhammad Ma'sum_NIM 23040190039_PGMI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhammad Ma'sum_NIM 23040190039_PGMI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhammad Ma'sum_NIM 23040190039_PGMI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhammad Ma'sum_NIM 23040190039_PGMI.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhammad Ma'sum_NIM 23040190039_PGMI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ma’sum, Muhammad. 2023. Kajian Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Muhammad Arif Al Fikri, M. Pd Kata kunci : Kajian Persiapan Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar Penelitian ini dilakukan karena Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Semarang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam wawancara yaitu kepala sekolah/pelaksana harian kepala sekolah, wali kelas I dan wali kelas IV serta siswa kelas IV. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis persiapan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Semarang sudah berjalan dengan baik, persiapan yang dilakukan oleh pihak madrasah melibatkan Kepala Madrasah, wali kelas I, wali kelas IV dan sebagian guru dengan mengikuti arahan yang disampaikan oleh pemerintah melalui kepala madrasah. Dalam persiapannya guru mengikuti pelatihan ataupun pembekalan terkait implementasi Kurikulum Merdeka yang telah diadakan oleh pemerintah, baik itu secara ofline maupun secara online. Adapun guru yang mengikuti pelatihan secara ofline hanya wali kelas I dan wali kelas IV. Sedangkan untuk pelatihan secara online diikuti semua guru MIN 3 Kabupaten Semarang. Dalam pelaksanaannya guru diharuskan memahami esensi Kurikulum Merdeka Belajar, terlebih pada penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil alamin. Adapun kendala persiapan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 3 Kabupaten Semarang adalah kurangnya guru mendapatkan pembekalan dan pendampingan secara langsung pada pelaksanaannya. Dari kendala tersebut muncul beberapa kendala lain di antaranya yaitu guru masih kesulitan dalam menyusun modul ajar, guru masih kesulitan dalam menerapkan penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil alamin baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan juga guru masih belum bisa maksimal untuk menerapkan metode Project Based learning.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Nov 2023 05:08 |
Last Modified: | 04 Nov 2023 05:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19129 |
Actions (login required)
View Item |