PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MELALUI GAME SUNDA MANDA BERBASIS PADA TAKSONOMI BLOOM DAN HOTS PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MATERI SUMBER ENERGI DI INDONESIA

Inayati, Atika (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI MELALUI GAME SUNDA MANDA BERBASIS PADA TAKSONOMI BLOOM DAN HOTS PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MATERI SUMBER ENERGI DI INDONESIA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS Atika Inayati_12020210012.pdf

Download (6MB)
[img] Text
TESIS Atika Inayati_12020210012.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Atika Inayati. 2023. Pengembangan Instrumen Evaluasi Melalui Game Sunda Manda Berbasis Pada Taksonomi Bloom dan HOTS. Tesis. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslihah, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi melalui game Sunda Manda berbasis pada Taksonomi Bloom dan HOTS. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa MI Yasua Pilangwetan Kec. Kebonagung Kab. Demak. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan angket. Proses pengembangan instrumen evaluasi melalui game Sunda Manda dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, and Evaluation). Produk dikembangkan sesuai dengan analisis kebutuhan kemudian diuji kelayakannya serta direvisi hingga layak untuk diimplemantasikan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan atau validasi dari ahli media mendapatkan jumlah persentase rata-rata sebanyak 87,5% atau skor 42, dan ahli materi sebanyak 92,5% atau skor 37. Berdasarkan hasil dari masing-masing validator menunjukkan bahwa pengembangan instrumen evaluasi melalui game Sunda Manda berbasis pada Taksonomi Bloom dan HOTS layak untuk digunakan. Efektivitas instrumen evaluasi melalui game Sunda Manda berbasis pada Taksonomi Bloom dan HOTS ditunjukkan dari hasil perhitungan t test terhadap nilai pretest dan postest siswa. Hasil Paired Samples Statistics menunjukkan nilai t hitung sebesar 0.000 < 0.05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ada perbedaan yang signifikan antara data pretest dan postest, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen evaluasi melalui game Sunda Manda berbasis pada Taksonomi Bloom dan HOTS efektif bagi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Yasua Pilangwetan Kec. Kebonagung Kab. Demak. Kata Kunci: Instrumen Evaluasi Pembelajaran, Sunda Manda, Taksonomi Bloom, HOTS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2023 02:56
Last Modified: 05 Nov 2023 02:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item