PEMENUHAN HAK PEKERJA ALIH DAYA MENURUT UU CIPTA KERJA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus terhadap Pekerja Alih Daya di PT. Alih Daya X)

kurniawan, Abe riza (2023) PEMENUHAN HAK PEKERJA ALIH DAYA MENURUT UU CIPTA KERJA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus terhadap Pekerja Alih Daya di PT. Alih Daya X). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Abe Riza Kurniawan_33020170045.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Abe Riza Kurniawan_33020170045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prinsip dasar pelaksanaan alih daya adalah terjadinya suatu kesepakatan Kerjasama antara perusahaan pengguna jasa tenaga kerja dan perusahaan penyedia jasa tenaga kerja, dimana perusahaan pengguna tenaga kerja akan membayar suatu jumlah tertentu sesuai dengan kesepakatan atas hasil pekerjaan dari tenaga kerja yang disediakan oleh perusahaan penyedia tenaga kerja. Perjanjian pemborongan pekerjaan yang dilakukan oleh perusahaan pengguna tenaga kerja dan perusahaan penyedia tenaga kerja harus dalam bentuk tertulis. Perjanjian kerja merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap tenaga kerja alih daya. Selain itu peraturan perundang-undangan juga mengakomodir perlindungan terhadap pekerja alih daya. Namun pelaksanaan dari perlindungan terhadap pekerja alih daya ini tidak maksimal. Dimana pekerja alih daya tidak memiliki perlindungan yang baik, dimana banyak hak-hak pekerja alih daya yang tidak terpenuhi dengan baik. Sehingga penulis memandang perlu melakukan penelitian mengenai perlindungan pekerja alih daya melalui penelitian ilmiah dalam bentuk skripsi ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Data yang diperoleh dari penelitian ini ialah data lapangan (field research). Dalam penelitian ini yang diteliti ialah implementasi Pemenuhan Hak terhadap pekerja alih daya di PT. Alih Daya X kemudian dianalisis menggunakan UU Cipta Kerja dan Hukum Islam. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan metode diskriptif kualitatif, yaitu data yang diperoleh dituangkan secara logis, sistematis kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah Pertama, Pemenuhan Hak pekerja alih daya menurut UU Cipta Kerja belum sesuai. Karena pada pasal 66 yang mengatur mengenai pekerja alih daya belum sepenuhnya dilakukan oleh PT. Alih Daya X. Dimana pekerja tidak mendapatkan surat perjanjian kerja. Surat perjanjian kerja ini hanya satu dan di simpan oleh PT. Alih Daya X, pekerja tidak diberikan fotokopinya. Sehingga pekerja tidak memiliki kepastian hukum yang dapat memberikannya perlindungan. Hal lain yang merugikan pekerja ilah terkait pengupahan yang berdasakan pada hasil packing harian ini membuat pekerja alih daya tidak mendapatkan upah secara pasti dan juga adanya sanitasi sangat merugikan pekerja alih daya dari segi upah. Kedua dari sudut pandang hukum Islam perjanjian pekerja alih daya masuk kedalam kategori ijarah tenaga kerja. Kemudian pengupahan yang diberikan belum memenuhi rukun dan syarat ijarah dalam Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 17:29
Last Modified: 06 Nov 2023 17:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19144

Actions (login required)

View Item View Item