UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE TALKING STICK DENGAN BANTUAN MEDIA BIGBOOK PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

, Diah arum maharani (2023) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE TALKING STICK DENGAN BANTUAN MEDIA BIGBOOK PADA SISWA KELAS I MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DIAH ARUM 119.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DIAH ARUM 119.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DIAH ARUM 119.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan membaca permulaan siswa yang peneliti amati masih rendah dibuktikan dengan nilai siswa yang berada dibawah predikat Lancar. Keterampilan membaca permulaan penting dikuasai karena sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca di kelas selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar keterampilan membaca melalui metode talking stick dengan bantuan media bigbook pada siswa kelas 1 MI Ma’arif Sraten. Jenis penelitian ini adalah PTK menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 MI Ma’arif Sraten yang terdiri dari 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes EGRA, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskripsif kualitatif. Berdasarkan data pada pra siklus nilai rata-rata siswa sebesar 51,8% dengan persentase 33,4% atau 4 siswa tuntas, sementara pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 65,5% dengan persentase 50% atau 6 siswa tuntas. Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 85,5% dengan persentase 91,7% atau 11 siswa tuntas. Tindakan pada siklus I kemudian diperbaiki pada siklus II, dan menunjukan adanya kemajuan. Pada siklus I, siswa masih belum memiliki keberanian untuk bertanya, maju ke depan kelas, kurang memahami instruksi, dan kurang terapil dalam membaca dan menunjukan kemajuan yang pesat pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan setelah adanya tindakan. Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran cooperative learning tipe talking stick dengan bantuan media bigbook dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan peningkatan rata-rata kelas serta klasikal. Penelitian keterampilan membaca permulaan ini perlu diteliti oleh peneliti lain menggunakan metode dan media yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 17:56
Last Modified: 06 Nov 2023 17:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19145

Actions (login required)

View Item View Item