PEMBINAAN SIKAP TAWADHU’ DAN SIKAP ISTIQOMAH PADA SANTRI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

kamila, Fajriya (2023) PEMBINAAN SIKAP TAWADHU’ DAN SIKAP ISTIQOMAH PADA SANTRI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO GEDANGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX Skripsi Fajriya Kamila.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kamila, Fajriya. 2023. Skripsi. Pembinaan Sikap Tawadhu’ dan Sikap Istiqomah Pada Santri di Pondok Pesantren Edi Mancoro Gedangan Kabupaten Semarang Tahun 2023: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muhammad Aji Nugroho, Lc., M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Sikap Tawadhu’, Sikap Istiqomah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan sikap tawadhu’ dan sikap istiqomah santri yang ada di Pondok Pesantren Edi Mancoro, serta untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat terkait pembinaan sikap tawadhu’ dan sikap istiqomah santri di Pondok Pesantren Edi Mancoro Gedangan Kabupaten Semarang Tahun 2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber primer penelitian ini adalah pengasuh, asatidz, pengurus, dan santri di Pondok Pesantren Edi Mancoro, adapun sumber sekunder adalah dokumentasi, jurnal artikel dan buku-buku yang mendukung yang terkait dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif meliputi reduksi data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri dari sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pembinaan sikap tawadhu’ santri Pondok Pesantren Edi Mancoro melalui 1) kitab turast diantaranya Ta’lim Muta’alim, Akhlaqul Banat, Khulasoh Nurul Yaqin dan Riyadhus Sholihin; 2) simbolisasi tokoh yang menjadi teladan dari masayikh pesantren; 3) targhib wa tarhib (motivasi & ancaman); 4) pembiasaan sikap tawadhu’ di lingkungan pesantren melalui penerapan 5S (Senyum Salam Sapa Sopan Santun). Kedua, pembinaan sikap istiqomah santri Pondok Pesantren Edi Mancoro melalui 1) kitab turast diantaranya Jawahirul Kalamiyah, Bidayah wan Nihayah dan Arba’in Nawawi; 2) simbolisasi tokoh yang teladan dari masayikh pesantren; 3) targhib wa tarhib (motivasi & ancaman); 4) pembiasaan sikap istiqomah melalui tata tertib pesantren; 5) menta’zir santri yang melanggar; 6) optimalisasi peran pengurus. Ketiga, faktor pendukung dalam pembinaan sikap tawadhu’ dan sikap istiqomah santri Pondok Pesantren Edi Mancoro adalah 1) peran pengasuh, asatidz dan pengurus yang optimal dan terprogram; 2) lingkungan pesantren dan masyarakat yang kondusif untuk belajar; 3) sarana dan prasana yang cukup memadai; 4) tata tertib yang jelas; 5) lembaga pesantren yang mendukung; 6) kesadaran dan antusias santri. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan sikap tawadhu’ dan sikap istiqomah santri Pondok Pesantren Edi Mancoro adalah 1) kurangnya pemahaman dan kurangnya kedisiplinan santri; 2) kurangnya kontrol dari pengurus; 3) terlalu banyak terlibat dalam kegiatan eksternal pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 18:00
Last Modified: 06 Nov 2023 18:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19147

Actions (login required)

View Item View Item