PENGARUH MOBILE BANKING, REPUTASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK SYARIAH DI KOTA SALATIGA)

, fandi nahl al fatih (2023) PENGARUH MOBILE BANKING, REPUTASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK SYARIAH DI KOTA SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FANDI FULL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FANDI FULL 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mobile banking, reputasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan pelanggan sebagai mediasi. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk menguji pengaruh tersebut sesuai model teoritik yang dikembangkan dalam penelitian ini. Sebanyak 97 data responden dari para pengguna bank syariah di Salatiga, untuk mendukung penelitian ini. Data dianalisis menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM), dengan aplikasi Smart Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas mobile banking memiliki pengaruh yang paling dominan dalam membangun kepuasan pelanggan. Ditemukan juga bahwa reputasi bank syariah berkontribusi dominan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan reputasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan menjadi peran mediasi positif dan signifikan pada hubungan antara mobile banking dan loyalitas pelanggan, namun memiliki pengaruh mediasi parsial pada pengaruh antara reputasi terhadap loyalitas serta pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas. Temuan penelitian ini berkontribusi manajerial bagi manajemen bank syariah bahwa untuk membangun kepuasan pelanggan dapat diperkuat melalui peningkatan kualitas mobile banking dari segi kegunaan, kemudahan dan keamanannya. Bank syariah juga dapat memperkuat reputasi melalui keunikan layanan syariah yang tidak dimiliki oleh bank konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 18:46
Last Modified: 06 Nov 2023 18:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item