STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN NGESTI NUGRAHA DAN BASARI (NGEBAS) DALAM MEMENANGKAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2020

Balqis, Asma Aisyah Shinta (2023) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN NGESTI NUGRAHA DAN BASARI (NGEBAS) DALAM MEMENANGKAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Cetak Skripsi Asma Aisyah Hard Cover.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi politik pasangan Ngesti Nugraha dan Basari serta tim suksesnya dalam memenangkan pemilihan bupati Kabupaten Semarang tahun 2020 dan mengapa strategi tersebut digunakan, dengan teori langkah strategi komunikasi politik Anwar Arifin. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dengan anggota tim sukses serta wakil bupati pemenang pemilihan bupati tahun 2020, sedangkan data sekunder didapatkan dari arsip tim sukses, laporan lembaga, serta internet. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasangan NGEBAS melaksanakan langkah strategi komunikasi politik dengan menyebarkan pesan politik secara langsung, memperkenalkan profil dan visi misi mereka. Dalam analisis teori Anwar Arifin, mereka melakukan ketokohan dan kelembagaan melalui, pasangan NGEBAS yang memiliki pengalaman panjang dan telah dikenal masyarakat dengan baik, kekuatan lembaga yang dimiliki juga solid dan mudah diarahkan karena ketokohan yang sudah kuat. Dalam meciptakan kebersamaan, pasangan NGEBAS menyusun pesan politik berupa visi misi dan program unggulan dari aspirasi masyarakat serta pemahaman mereka tentang masyarakat, kemudian menyebarkannya dengan metode informatif dan edukatif melalui media offline ataupun online. Untuk menciptakan konsensus, pasangan NGEBAS dan tim suksesnya telah menjadi rekan lama dalam dunia politik sehingga memudahkan mereka mencapai kesepakatan bersama, selain itu pasangan NGEBAS dikenal sebagai tokoh yang merakyat dan sering terjun langsung ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 19:39
Last Modified: 06 Nov 2023 19:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19157

Actions (login required)

View Item View Item