IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DAN SIKAP SOLIDARITAS PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Septiana, Eva (2023) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN KEAGAMAAN DAN SIKAP SOLIDARITAS PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
EVA SEPTIANA 23010190433.pdf

Download (4MB)

Abstract

Septiana, Eva. 2023. Implementasi Pembiasaan Keagamaan Dan Sikap Solidaritas Pada Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muhammad Aji Nugroho, Lc., M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pembiasaan Keagamaan, Sikap Solidaritas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembiasaan keagamaan dan sikap solidaritas di SMK Negeri 1 Tengaran, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembiasaan keagamaan dan sikap solidaritas pada peserta didik di SMK Negeri 1 Tengaran tahun ajaran 2023/2024. Penelitiain ini merupakan penelitian lapangan yang termasuk penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan fenomena yang ada di lapangan. Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer yaitu wawancara secara langsung terhadap informan dan sumber data sekunder yaitu dokumen arsip dan foto kegiatan. Teknik untuk mendapatkan data menggunakan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengecekan keabsahan data menggunakan proses triangulasi dari teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pembiasaan keagamaan pada peserta didik di SMK Negeri 1 Tengaran diterapkan melalui kegiatan sebagai berikut: 1) penguatan doktrin keimanan melalui kegiatan keagamaan; 2) pembentukan karakter religius dengan sholat berjamaah pada peserta didik; 3) pembentukan karakter melalui sikap dan perilaku yang baik. Kedua, implementasi pembiasaan sikap solidaritas diterapkan dalam bentuk: a. saling membantu melalui gotong royong meliputi; 1) melakukan pekerjaan bersama-sama; 2) menciptakan ukhuwah islamiyah pada peserta didik; 3) menyatukan setiap kelompok untuk berpartisipasi dalam kegiatan. b. melatih kepedulian dengan kerjasama meliputi; 1) menjaga kerukunan untuk menciptakan kedamaian; 2) menaati kesepakatan yang dibuat oleh kelas; 3) aktif dalam berorganisasi; 4) bersinergi dalam menyelesaikan suatu pekerjaan; 5) berkontribusi untuk mewujudkan proyek bersama. Ketiga, faktor pendukung pembiasaan pada peserta didik di SMK Negeri 1 Tengaran meliputi: 1) semua pihak di sekolah saling mendukung; 2) motivasi yang kuat dari guru; 3) kebijakan sekolah dalam membuat peraturan pembiasaan; 4) ekstrakurikuler sebagai program tambahan aktivitas pembiasaan; 5) dukungan dari guru dan teman sebaya. Sedangan faktor penghambat diantaranya: 1) sikap peserta didik yang malas; 2) pengaruh sikap solidaritas yang salah arah; 3) rendahnya kedisiplinan guru dan peserta didik; 4) sarana dan prasarana yang kurang memadai; 5) peserta didik yang tertutup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 20:09
Last Modified: 06 Nov 2023 20:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19165

Actions (login required)

View Item View Item