PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE MELALUI MEDIA QUESTION BOX PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/ 2024

silviyya, naziyah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI ASMAUL HUSNA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE MELALUI MEDIA QUESTION BOX PADA SISWA KELAS X SMK DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2023/ 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DOC-20231104-WA0008.-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DOC-20231104-WA0008.-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DOC-20231104-WA0008.-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DOC-20231104-WA0008.-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DOC-20231104-WA0008.-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DOC-20231104-WA0008.-3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DOC-20231104-WA0008.-3.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar materi Asmaul Husna di kelas X SMK Dharma Lestari Salatiga masih terbilang rendah, salah satu faktor yang memepengaruhi rendahnya nilai belajar adalah penggunaan metode dan media yang kurang tepat, menjadikan siswa cepat bosan, tidak tertarik dengan pembelajaran dan kurang aktif saat pembelajaran dimulai. Oleh karena itu peneliti menerapkan metode Rotating Trio Exchange dengan menggunakan media Question Box pada peserta didik kelas X SMK Dharma Lestari Salatiga tahun Ajaran 2023 / 2024 guna meningkatkan hasil belajar peserta didik dari segi aspek kongnitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindak kelas (PTK), Penelitian Tindak kelas ini menghasilkan II siklus. Yang mana terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan subjek penelitiannya pesrta didik kelas X SMK Dharma Letari salatiga. Dan objeknya adalah peningkatan hasil belajar dari penggunaan metode Rotating Trio Excahnge dan media question box pada materi Asmaul Husna. Temuan dari penelitian ini yaitu: pelaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan prosedur pembelajaran dan meningkatkan hasil nilai rata-rata dalam kelas. Hasil belajar pada siklus 1 meningkat yaitu sebanyak 16 Peserta didik dengan mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,92% dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 64% dan dilanjutkan pada siklus II , Pada siklus ini peningkatan nilai peserta didik banyak mengalami peningkatan yang lumayan pesat dengan nilai rata- rata kelas sebesar 23 peserta didik dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 92% Dan pada akhir siklus II ini sudah mencapai target yang dicapai yaitu sebanyak 85%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 20:09
Last Modified: 06 Nov 2023 20:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19166

Actions (login required)

View Item View Item