PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA SMP IT DARUL FIKRI BAWEN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Alfiana, Kharisma Yogi (2023) PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA SMP IT DARUL FIKRI BAWEN KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kharisma Yogi Alfiana 23010190017 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bentuk pembinaan kesadaran beribadah pada siswa SMP IT Darul Fikri Bawen Kab. Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. (2) Bentuk pembinaan tanggung jawab pada siswa SMP IT Darul Fikri Bawen Kab. Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kesadaran beribadah pada siswa SMP IT Darul Fikri Bawen Kab. Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan tanggung jawab pada siswa SMP IT Darul Fikri Bawen Kab. Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru BK, guru PAI, ustadzah, dan siswa. Adapun analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMP IT Darul Fikri Bawen: (1) Bentuk pembinaan kesadaran beribadah melalui: shalat berjamaah, shalat sunnah dhuha, tahfidz dan tahsin Al-Qur’an, puasa senin dan kamis, dzikir al-ma’tsurat, tasmi’ Al-Qur’an, membaca Surah Al-Kahfi dan pembinaan wali kamar. (2) Bentuk pembinaan tanggung jawab melalui: kegiatan apel pagi, kegiatan bersih lingkungan, budaya mengantri, kegiatan PDL (Praktek Dakwah Lapangan), dan kegiatan ekstrakurikuler. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan kesadaran beribadah meliputi; faktor pendukung: lingkungan asrama, keteladanan pendidik, kesadaran diri siswa dan penghargaan; faktor penghambat meliputi: faktor internal yaitu rasa malas, lelah, kurangnya kesadaran diri siswa dan faktor eksternal yaitu faktor pertemanan. (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan tanggung jawab meliputi; faktor pendukung: adanya tata tertib, motivasi dari pendidik, serta sarana dan prasarana yang mendukung; faktor penghambat: faktor internal yaitu kesadaran diri siswa yang masih kurang, faktor eksternal yaitu lingkungan pertemanan yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 20:16
Last Modified: 06 Nov 2023 20:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19168

Actions (login required)

View Item View Item