Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan TPS-3R Sebagai Solusi Permasalahan Sampah di Desa Banyusari Kabupaten Magelang

Khosyiatussalma, (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan TPS-3R Sebagai Solusi Permasalahan Sampah di Desa Banyusari Kabupaten Magelang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI KHOSYIATUSSALMA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI KHOSYIATUSSALMA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Khosyiatussalma. 2023. Pemberdayaan Masyarakat Melalui TPS-3R sebagai Solusi Permasalahan Sampah di Desa Banyusari, Kabupaten Magelang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Negeri Salatiga. Pembimbing: Sri Suparwi M.A. Kata kunci: pemberdayaan, TPS-3R dan sampah Penelitian ini memilki tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui, Proses pengolahan sampah TPS-3R Berkah Migunani dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Desa Banyusari Kabupaten Magelang, dan hasil dari pengolahan TPS-3R Berkah Migunanin dalam menangani permasalahan sampah yang ada di lingkungan Desa Banyusari . Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan teknik mencari informasi dengan wawancara dan obeservasi. Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara dengan Kepala TPS-3R Berkah Migunani Desa Banyusari, Kepala Desa Banyusari dan Petugas TPS . Selanjutnya data sekunder diperoleh melalui jurnal, studi pustaka dan data dokumen TPS-3R Berkah Migunani. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumetasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa TPS-3R Berkah Migunani memproses sampah dengan reduce, reuse dan recycle mampu mengurangi permasalahan sampah yang ada di Desa Banyusari. Proses dari pengolahan sampah TPS-3R Berkah Migunani menghasilkan berbagai macam produk dari olahan sampah seperti pupuk kompos dari sampah organik, sayur organik, lele konsumsi dan sebagainya. Permasalahan sampah seperti sampah yang dibuang sembarangan di lingkungan Desa Banyusari sudah terselesaikan. Sudah tidak ditemukan sampah di sawah, sungai, jalan, dan pekebunan kosong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2023 20:44
Last Modified: 06 Nov 2023 20:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19172

Actions (login required)

View Item View Item