ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SEDERAJAT KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

NOPIANA, EPI (2023) ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA SEDERAJAT KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD (SKRIPSI EPI NOPIANA).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Bagaimana background keluarga dan background pendidikan agama terdahulu peserta didik sehingga dapat membangun persepsi pendidikan Islam. Dan bagaimana perbedaan persepsi peserta didik di SMK Negeri 1 Salatiga dan di MAN Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam secara garis besar terlihat baik, selain itu terdapat banyak kegiatan di sekolah yang mendukung proses pelaksanan Pendidikan Agama Islam. 2) Background keluarga peserta didik lebih banyak termasuk dalam kategori taat atau baik, sehingga peserta didik dapat membangun persepsi yang baik tentang pendidikan agama Islam. 3) Background pendidikan agama terdahulu peserta didik terbukti baik dari hasil penelitian menunjukan sebanyak 16,5% peserta didik yang pernah mondok/TPA kurang dari 1 tahun, 9,6% peserta didik pernah mondok/TPA 1 sampai 3 tahun, 3.5% peserta didik pernah mondok/TPA 3 sampai 5 tahun, dan 68,1% peserta didik pernah mondok/TPA lebih dari 5 tahun. 4) Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Salatiga dan di MAN Salatiga terlihat baik semuanya mempunyai persepsi yang baik. Terdapat perbedaan yaitu jika di SMK N 1 Salatiga karena termasuk sekolah umum jadi peserta didik menjelaskan hanya dalam satu mapel PAI dan Budi pekerti saja dari segi keagamaan umum. Sedangkan di MAN Salatiga persepsi peserta didik lebih banyak mengarah menjadi beberapa bagian mata pelajaran seperti Al-quran hadist, aqidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan Islam, dan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:51
Last Modified: 07 Nov 2023 01:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item