IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN SOLIDARITAS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2023

NURHAYATI, ISTIANA (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN SOLIDARITAS DI SMK MUHAMMADIYAH 2 KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ISTIANA NURHAYATI (23010170145 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari sekolah yang seluruh warga sekolah beragama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap tanggung jawab dan solidaritas serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pendidikan agama islam dalam meningkatkan sikap tanggung jawab dan solidaritas di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data meliputi data primer dan sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di lakukan melalui keabsahan data yang diperoleh triagulasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) implementasi pendidikan agama Islam dalam meningkatkan sikap tanggung jawab dan solidaritas mengalami perubahan dengan baik dengan adanya penerapan dan pemberian contoh dari guru ke peserta didik. (2) faktor pendukung meliputi lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah untuk menumbuhkan rasa sikap tanggung jawab dan solidaritas. Niat dan semangat dari peserta didik, penerapan langsung dari guru PAI dan guru yang lain. Sedangkan faktor penghambat adalah lingkungan keluarga, masyarakat yang kurang kesadaran terkait sikap tanggung jawab dan solidaritas, sarana prasarana sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 05:40
Last Modified: 07 Nov 2023 05:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19188

Actions (login required)

View Item View Item