MANAJEMEN DAKWAH MASJID AL-HIDAYAH DALAM MENINGKATKAN IBADAH JAMAAH DI DUKUH DEPOK DESA KANCILAN KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA

Ibad, Muhamad Zainul (2023) MANAJEMEN DAKWAH MASJID AL-HIDAYAH DALAM MENINGKATKAN IBADAH JAMAAH DI DUKUH DEPOK DESA KANCILAN KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Manajemen Dakwah Masjid Al-Hidayah_SKRIPSI_MUHAMAD ZAINUL IBAD.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Manajemen Dakwah Masjid Al-Hidayah_SKRIPSI_MUHAMAD ZAINUL IBAD.pdf

Download (4MB)

Abstract

Zainul Ibad, Muhamad. 2023. Manajemen Dakwah Takmir Masjid Al-Hidayah Dalam Meningkatkan Ibadah Jamaah Di Dukuh Depok Desa Kancilan Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Kata kunci: Manajemen Masjid; Manajemen Dakwah; Takmir Masjid. Tujuan yang hendak dicapai oleh penulis pada penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) manajemen dakwah takmir masjid Al-Hidayah dalam meningkatkan ibadah jamaah di dukuh depok desa kancilan kecamatan kembang kabupaten jepara. 2) implikasi dakwah yang dilakukan oleh takmir masjid Al-Hidayah terhadap kualitas ibadah jamaah di dukuh depok desa kancilan kecamatan kembang kabupaten jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Informan dalam penelitian ini mencakup takmir masjid, dan tokoh-tokoh penggiat dakwah masjid Al-Hidayah. Sumber data dari penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer yaitu meliputi hasil wawancara peneliti dengan pengurus, dan penggiat dakwah. Data sekunder dalam penelitian ini yaitu berupa dokumen resmi masjid dan arsip kegiatan dakwah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian hasil penelitian di analisia. Pengecekan keabsahan data, dan triangulasi: triangulasi sumber, metode dan teori, kemudian di tarik kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi penulis dalam penelitian ini, adanya kegiatan dakwah masjid Al-Hidayah diantaranya; jamaah ngaji senenan, jamaah ngaji kitab, kuliah subuh, remaja masjid, jamaah qur’anan, majelis maulid, santunan anak yatim, dakwah menggunakan media online. Adapaun metode yang dipakai adalah; bil hikmah, bil hal, bil khitabah, bil mauidhah khasanah, dakwah filantropi. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, dianalisa, dan disimpulkan oleh penulis, hasil penelitian ini adalah : 1) manajemen dakwah yang dilakukan takmir masjid Al-Hidayah berjalan secara sistematis menggunakan planing, organizing, actuating, controling dalam menjalankan kegiatan dakwah. 2) implikasi kegiatan dakwah yang dilakukan terhadap peningkatan ibadah jamaah dengan bertambahnya kuantitas jamaah sholat fardhu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:49
Last Modified: 07 Nov 2023 07:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19190

Actions (login required)

View Item View Item