PENDIDIKAN PROFETIK DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

ROSYAD, KAFIN MAULANA (2023) PENDIDIKAN PROFETIK DAN SIKAP PATRIOTISME PADA SISWA SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SIAP CETAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SIAP CETAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SIAP CETAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SIAP CETAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SIAP CETAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI SIAP CETAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rosyad, Kafin, Maulana. 2023. Pendidikan Profetik dan Sikap Patriotisme Pada Siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata kunci: Pendidikan profetik; sikap patriotisme; siswa. Tujuan penelitian penulis adalah: mendeskripsikan pendidikan profetik dan sikap patriotisme pada siswa, faktor yang mendukung dan menghambat pendidikan dan sikap patriotisme pada siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Agama, Guru PPKn, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Koordinator BK, Staf TU dan siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kec. Tengaran Kab. Semarang. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajan data, penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, pendidikan profetik melalui intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler di sekolah. Kedua, sikap patriotisme melalui motivasi guru kepada siswa untuk selalu disiplin dan semangat belajar demi bangsa dan negara. Ketiga, faktor pendukung dalam pendidikan profetik yaitu warga sekolah yang selalu memberikan arahan sifat shiddiq, amanah, fathanah dan tablig. Penghambat dalam pendidikan profetik yaitu lemahnya sanksi kepada siswa yang melanggar aturan. Keempat, pendukung dalam sikap patriotisme yaitu pengamalan nilai pancasila di sekolah. Penghambat dalam sikap patriotisme, kurang terkontrolnya siswa dalam menggunakan handphone di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 17:06
Last Modified: 07 Nov 2023 17:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19196

Actions (login required)

View Item View Item