PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SIFAT OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN METODE MENCONGAK DAN TABEL PERKLIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KUWARASAN 02 TAHUN 2014

Muslikah, Ika (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SIFAT OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN METODE MENCONGAK DAN TABEL PERKLIAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI KUWARASAN 02 TAHUN 2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
IKA MUSLIKAH_11510048.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan metode mencongak dan tabel perkalian dalam operasi hitung perkalian 1 sampai 100 pada pelajaran matematika kelas III SD Negeri Kuwarasan 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun 2014. Permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan keaktifan belajar siswa pada pelajaran matematika materi perkalian, (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah menerapkan metode mencongak dan tabel perkalian bilangan 1 sampai 100? Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan evaluasi tes dan pengamatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat metode mencongak dan tabel perkalian dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Perkalian 1 sampai 100 dan pencapaian target KKM kelas pada siswa kelas III SD Negeri Kuwarasan 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari siswa laki-laki yang berjumlah 7 orang dan siswa perempuan yang berjumlah 4 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diambil dari hasil soal post test, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Presentase = Frekuensi : Jumlah siswa x 100. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui, dengan penggunaan metode mencongak pada pokok bahasan perkalian dengan hasil tiga angka mengalami peningkatan dengan KKM 61. Siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 4 siswa atau 36,4%. Siklus II yang mencapai ketuntasan belajar sesuai KKM sebanyak 7 siswa atau 63,6%, ada peningkatan sebesar 27,2% dari siklus I. Pada Siklus III mencapai ketuntasan belajar sesuai KKM sebanyak 10 siswa atau 90,9% meningkat 27,3% dari siklus II. Metode mencongak dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Hitung Perkalian kelas III SD Negeri Kuwarasan 02 Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang tahun 2014.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2016 03:54
Last Modified: 15 Feb 2016 03:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item