STRATEGI PEMBINAAN KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN UNTUK MENINGKATKAN PROGRAM HAFALAN AL QURAN SISWA MTS SUDIRMAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

HIDAYAH, NURMILATUL (2023) STRATEGI PEMBINAAN KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN UNTUK MENINGKATKAN PROGRAM HAFALAN AL QURAN SISWA MTS SUDIRMAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MILA ACC-1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MILA ACC-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hidayah, Nurmilatul. 2023. Strategi pembinaan kemandirian dan kedisiplinan untuk meningkatkan program hafalan al Quran siswa mts sudirman getasan kabupaten semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Salatiga. Pembimbing: Kata Kunci: Strategi pembinaan keagamaan, kemandirian, kedisiplinan Penelitian ini dalam meningkatkan program hafalan al Quran Juz 30 guru menerapkan sikap kemandirian dan kedisiplinan peserta didik. Pernyataan tersebut mengenai program hafalan al Quran juz 30 maka penelitian ini penting dilaksakan dengan judul “Strategi Pembinaan Kemandirian dan Kedisiplinan Untuk Meningkatkan Program Hafala al Quran Siswa Mts YIC Sudirman Getasan Kabupaten Semarang”. Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mengetahui kemandirian siswa dalam pembinaan keagamaan hafalan al Quran pada sisa Mts YIC Sudirman Getasan Kabupaten Semarang. 2) Untuk mengetahui kedisiplinan siswa dalam pembinaan keagamaan hafalan al Quran pada sisa Mts YIC Sudirman Getasan Kabupaten Semarang. 3) Untuk mengetahui strategi guru dalam pembinaan keagamaan untuk membangun kemandirian dan kedisiplinan siswa dalam mengikuti program hafalan al Quran pada sisa Mts YIC Sudirman Getasan Kabupaten Semarang Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini: 1) Kemandirian siswa dalam pembinaan keagamaan hafalan al Quran pada Mts YIC Sudirman Getasan Kabupaten Semarang bahwa dalam penerapannya siswa mampu menentukan nasib diri sendiri dengan tidak bergantung dengan orang lain, siswa mampu mengendalikan diri sendiri, siswa bertanggung jawab dengan dirinya sendiri, dan siswa mampu mengambil keputusan dengan percaya diri atas dirinya sendiri. 2) kedisiplinan siswa dalam pembinaan keagamaan hafalan al Quran pada Mts YIC Sudirman Getasan Kabupaten Semarang dalam penerapannya siswa disiplin ketika di dalam kelas, siswa disiplin ketika di luar lingkungan sekolah, dan siswa juga disiplin ketika di rumah seperti contohnya siswa mengerjakan tugasnya di rumah, dan siswa menyiapkan keperluan sekolah dengan baik. 3) Strategi guru dalam pembinaan keagamaan untuk membangun kemandirian dan kedisiplinan siswa dalam mengikuti program hafalan al Quran pada siswa Mts YIC Sudirman Getasan Kabupaten Semarang bahwa dalam penerapannya strategi guru yaitu dengan menggunakan metode pembinaan keagamaan. Pertama metode pembiasaan, metode nasehat, dan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 17:41
Last Modified: 07 Nov 2023 17:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19204

Actions (login required)

View Item View Item