PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN MENJAHIT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENYANDANG DISABILITAS DI KELOMPOK DIFABEL HARAPAN MANDIRI SALATIGA (KDHMS)

Rahman, Fani Fatur (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN MENJAHIT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PENYANDANG DISABILITAS DI KELOMPOK DIFABEL HARAPAN MANDIRI SALATIGA (KDHMS). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FANI FATUR RAHMAN_43030190043_PMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rahman, Fani Fatur. 2023. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Menjahit Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Penyandang Disabilitas Di Kelompok Difabel Harapan Mandiri Salatiga (KDHMS). Skripsi. Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci: Pemberdayaan; Penyandang Disabilitas; Pelatihan Menjahit; Kelompok Difabel Harapan Mandiri Salatiga Penelitian ini memiliki tujuan yang hendak dicapai yaitu untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses pemberdayaan yang dilakukan oleh Kelompok Difabel Harapan Mandiri Salatiga (KDHMS) melalui pelatihan menjahit untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas, dan mendeskripsikan hasil yang dicapai dari pemberdayaan melalui pelatihan menjahit untuk meningkatan kesejahteraan penyandang disabilitas di Kelompok Difabel Harapan Mandiri Salatiga (KDHMS). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik mencari informasi melalui wawancara. Perolehan data didapatkan dari sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan pengurus KDHMS dan anggota KDHMS, dan data sekunder yaitu diperoleh melalui jurnal, studi pustaka, dan data Organisasi KDHMS. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemberdayaan melalui pelatihan menjahit yang dilakukan oleh Kelompok Difabel Harapan Mandiri Salatiga sudah berjalan dengan baik, memberikan manfaat berupa pelatihan menjahit, dan para penyandang disabilitas menjadi manusia berdaya layaknya manusia normal lainnya. Rasa berani, percaya diri, dan kesehatan jiwa itu buah hasil dari program pemberdayaan yang dilakukan oleh KDHMS melalui pelatihan menjahit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 18:18
Last Modified: 07 Nov 2023 18:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19211

Actions (login required)

View Item View Item