BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP UPAYA KONTROL DIRI SISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL KELAS XII MAN 1 SEMARANG

YUNITASARI, (2023) BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP UPAYA KONTROL DIRI SISWA DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL KELAS XII MAN 1 SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YUNITASARI 23082190001 ACC.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YUNITASARI 23082190001 ACC.pdf

Download (4MB)
[img] Text
YUNITASARI 23082190001 ACC.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yunitasari, 2023. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management terhadap Upaya Kontrol Diri dalam Penggunaan Media Sosial Kelas XII MAN 1 Semarang. Skripsi, Salatiga: Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Abi Fa’izzarahman Prabawa, M. Pd. Kata Kunci: bimbingan kelompok, self-management, kontrol diri, media sosial Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat kontrol diri siswa dalam penggunaan media sosial antara kelompok yang diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self-management dengan siswa yang diberikan treatment lain. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperimental design serta rancangan control-group pretest-posttest design. Pengumpulan data ini menggunakan skala kontrol diri dalam penggunaan media sosial. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa dibagi sama rata 12 siswa untuk kelompok eksperimen dan 12 siswa untuk kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kontrol diri siswa dalam penggunaan media sosial antara kelompok yang diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self-management dengan siswa yang diberikan treatment lain. Di buktikan dengan hasil uji t, diperoleh nilai sig=0, 431, yang menunjukkan bahwa 0,431 > 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan tingkat kontrol diri siswa dalam penggunaan media sosial antara kelompok yang diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self-management dengan siswa yang diberikan treatment lain. Peningkatan kontrol diri pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Kelompok eksperimen meningkat sebesar 10,8 dan kelompok kontrol sebesar 8,1.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 19:46
Last Modified: 07 Nov 2023 19:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19216

Actions (login required)

View Item View Item