PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN SEMARANG

Nurila, Himas (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HIMAS NURILAAA-dikompresi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI HIMAS NURILAAA-dikompresi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI HIMAS NURILAAA-dikompresi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar PPKn siswa kelas V di MI Ketanggen masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media video animasi mempengaruhi hasil belajar PPKn materi persatuan dan kesatuan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ketanggen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima perlakuan dengan menggunakan media video animasi, sedangkan kelompok kontrol dengan teknik konvensional. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan media video animasi, dan variabel terikatnya adalah hasil belajar PPKn. Penelitian ini melibatkan semua siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol di Madrasah Ibtidaiyah Ketanggen Kabupaten Semarang, total 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data menggunakan menggunakan metode Statistic Independent Sample T test untuk mengetahui bagaimana penggunaan video animasi mempengaruhi hasil belajar PPKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar PPKn materi persatuan dan kesatuan. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test kelas Eksperimen sebesar 79,09 dan kelas kontrol sebesar 54,09. Ditunjukkan dari hasil hipotesis menggunakan Independent Sample T test dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, serta ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa setelah diterapkan media video animasi pada mata pelajaran PPKn materi persatuan dan kesatuan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ketanggen Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 20:34
Last Modified: 07 Nov 2023 20:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19219

Actions (login required)

View Item View Item