MEKANISME PEMILIHAN CALON ANGGOTA PPS TAHUN 2023 DALAM PERSPEKTIF PERATURAN KPU NOMOR 8 TAHUN 2022 ( Studi Kasus Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati )

ANGGRAENI, EKA (2023) MEKANISME PEMILIHAN CALON ANGGOTA PPS TAHUN 2023 DALAM PERSPEKTIF PERATURAN KPU NOMOR 8 TAHUN 2022 ( Studi Kasus Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati ). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI EKA REVISI KE-2 TANPA MASLAHAH MURSALAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Pemilihan Calon Anggota PPS, KPU, Desa Winong. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam menyelenggarakan Pemilu dibantu oleh beberapa lembaga kepanitian. Salah satunya adalah Panitia Pemungutan Suara (PPS). Landasan hukum dalam pemilihan calon anggota PPS terdapat pada Peraturan KPU No. 8 Tahun 2022. Pemilihan calon anggota PPS tersebut dilakukan pada Tahun 2023 ini. Namun terdapat isu nepotisme yang dilakukan oleh KPU Kabupaten Pati pada proses pemilihan calon anggota PPS di Kabupaten Pati. Isu tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti terkait dengan mekanisme pemilihan calon anggota PPS Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris atau secara umum disebut dengan penelitian lapangan atau Filed Research dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu pendekatan investigasi. Hal ini disebabkan peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka langsung dan berinteraksi dengan orang-orang. Hasil penelitian Mekanisme pemilihan calon anggota PPS Desa Winong kecamatan Pati Kabupaten Pati terbagi ke dalam tiga bagian, yakni pada saat proses penerimaan dengan dilakukannya pengumuman pendaftaran, seleksi administrasi, tertulis dan wawancara. Pada awal tahapan seleksi terdapat 18 orang calon anggota yang lolos, kemudian berakhir dengan 6 orang anggota yang 3 diantaranya siap untuk diangkat menjadi anggota PPS. Penerapan PKPU dalam proses penerimaan anggota PPS Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati, telah dilakukan sesuai dengan PKPU No. 8 Tahun 2022. Oleh karena itu, isu nepotisme yang menjadi perdebatan tidak dapat dibuktikan secara valid.  

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2023 20:52
Last Modified: 07 Nov 2023 20:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19221

Actions (login required)

View Item View Item