PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PERINGKAT SUKUK (OBLIGASI SYARIAH) DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Sukuk Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2018 – 2022)

pratiwi, alisa nur (2023) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP PERINGKAT SUKUK (OBLIGASI SYARIAH) DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Sukuk Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia 2018 – 2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIX ALISA NUR PRATIWI 63030190008.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI FIX ALISA NUR PRATIWI 63030190008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan sukuk di negara Indonesia selalu mengalami peningkatan yang cukup signifikan seperti data yang telah disajikan diatas, peningkatan penerbitan sukuk korporasi dari tahun 2018 sampai tahun 2022. Akan tetapi dalam kegiatan investasi terdapat resiko yang harus diperhatikan oleh para investor. Risiko dalam investasi di bidang sukuk yaitu gagal risiko bayar (Default Risk), gagal bayar merupakan sebuah risiko dimana perusahaan tempat berinvestasi tidak dapat membayar kewajiban dan hasil yang seharusnya sesuai dengan waktu jatuh tempo kepada para investor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu sukuk perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan telah memiliki nilai yang telah diperingkat oleh PT Pefindo. Dalam penelitian ini berfokus pada periode tahun 2018 – 2022. Dari 49 populasi terpilih 22 sampel dengan menggunakan sistem purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas berpengaruh terhadap peringkat sukuk. Leverage tidak berpengaruh terhadap peringkat sukuk. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap peringkat sukuk. Manajemen laba berpengaruh terhadap peringkat sukuk. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. profitabilitas, leverage dan likuiditas berpengaruh terhadap peringkat sukuk dengan dimoderasi oleh manajemen laba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2023 17:14
Last Modified: 08 Nov 2023 17:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19233

Actions (login required)

View Item View Item