PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN LOCUS OF CONTROL EXTERNAL TWRHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA (DISNAKER) KOTA SEMARANG

SHANISA, ELLY (2023) PENGARUH LOCUS OF CONTROL INTERNAL DAN LOCUS OF CONTROL EXTERNAL TWRHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA (DISNAKER) KOTA SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ICHA FIX CETAK BISMILLAH-3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI ICHA FIX CETAK BISMILLAH-3.pdf

Download (7MB)

Abstract

Shanisa, Elly (2023). Pengaruh Locus Of Control Internal dan Locus Of Control External Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang. Tahun 2023. Skripsi. Salatiga : Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Muna Erawati, M.Si. Kata Kunci : Kinerja; Locus Of Control Internal; Locus Of Control External Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh locus of control internal terhadap kinerja; (2) untuk mengetahui pengaruh locus of control external terhadap kinerja; (3) untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan locus of control external secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan pegawai ASN pada Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang dengan jumlah populasi 65 pegawai. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berupa Skala Kinerja, Skala Locus Of Control Internal, dan Skala Locus Of Control External yang dibuat sendiri oleh penulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi. Sebelum dilakukan uji analisis, penulis melakukan uji prasyarat terlebih dahulu dengan menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskendastisitas. ​Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif yang signifikan dari locus of control internal terhadap kinerja pegawai dengan skor thitung 11,893, sehingga dapat dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak; (2) tidak terdapat pengaruh locus of control external terhadap kinerja pegawai dengan skor thitung 0,801, sehingga dapat dikatakan bahwa H2 ditolak dan H0 diterima; (3) terdapat pengaruh antara locus of control internal dan locus of control external terhadap kinerja pegawai dengan skor Fhitung 71,445, Sehingga dapat dikatakan bahwa H3 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2023 20:33
Last Modified: 08 Nov 2023 20:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19245

Actions (login required)

View Item View Item