PENGARUH FORGIVENESS DAN GRATITUDE TERHADAP PAYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN AMANAH AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

Silfiyani, (2023) PENGARUH FORGIVENESS DAN GRATITUDE TERHADAP PAYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN AMANAH AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Silfiyani_43040190190_PI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Silfiyani, 2023. Pengaruh Forgiveness Dan Gratitude Terhadap Psychological well-being Pada Remaja Di Panti Asuhan Amanah Ambarawa Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga: Reza Ahmadiansah, M. Si. Kata Kunci: Forgiveness, Gratitude, Psychological well-being Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). untuk mengetahui pengaruh forgiveness terhadap psychological well-being, 2). untuk mengetahui pengaruh gratitude terhadap psychological well-being, dan 3). untuk mengetahui pengaruh forgiveness dan gratitude terhadap psychological well-being. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan teknik regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini 50 anak asuh panti asuhan Amanah Ambarawa Kabupaten Semarang. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 remaja anak asuh. Pengumpulan data menggunakan skala forgiveness, gratitude, psychological well-being. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara forgiveness terhadap psychological well-being. Diketahui t hitung 32,484 > 1,989 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel forginess berpengaruh secara signifikan terhadap Psychological well-being, Aspek yang mempengaruhi adalah avoidance motivation, revenge motivation, benelovence motivation. Terdapat pengaruh negatif antara gratitude terhadap Psychological well-being pada remaja awal di panti asuhan Amanah. Diketahui nilai t hitung -,329 < t tabel 1,989 dan nilai signifikansi 0,745 > 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel gratitude tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Psychological well-being, aspek yang mempengaruhi adalah sense of abudance, appreciation of simple pleasure, appreciation of other expressing of gratitude. Hasil uji korelasi (R) diperoleh nilai indeks sebesar 0,994. Dari hasil tabel determinasi juga diperoleh koefesien determinasi (R Square) sebesar 0,988. Hal ini berarti bahwa forgiveness dan gratitude secara simultan memiliki pengaruh 98,8% terhadap Psychological well-being. Aspek yang mempengaruhi adanya pengaruh forgiveness dan gratitude terhadap psychological well-being adalah avoidance motivation, revenge motivation, benelovence motivation, sense of abudance, appreciation of simple pleasure, appreciation of other expressing of gratitude.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2023 20:57
Last Modified: 08 Nov 2023 20:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19248

Actions (login required)

View Item View Item