PERANAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING CALON PENGANTIN MUALAF DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA

arum, Maharani sekar (2023) PERANAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING CALON PENGANTIN MUALAF DI KANTOR URUSAN AGAMA KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MAHARANI SEKAR ARUM_NIM 43020190088.pdf

Download (3MB)
[img] Text
MAHARANI SEKAR ARUM_NIM 43020190088.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Arum,​Maharani Sekar. 2023. Peranan Penyuluh Agama Islam Dalam Membimbing Calon Pengantin Mualaf Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universitas Islam Negri Salatiga. Pembimbing RR.Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Peranan Penyuluh, Mualaf Penelitian ini memiliki tujuan Untuk Mengetahui peranan penyuluh agama dalam memberikan bimbingan calon pengantin mualaf di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskripstif yang bersifat lapangan. Sumber data penelitian ini meliputi data primer yaitu hasil wawancara penyuluh agama KUA dan mualaf, kemudian data skunder yakni berupa foto-foto kegiatan dan wawancara di KUA dan dokumen resmi KUA. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, dokumentasi, dan observasi.​ ​​Berdasarkan penelitian ini Peranan penyuluh agama Islam dalam memberikan bimbingan calon pengantin mualaf di Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga melalui fungsi-fungsi yang dilakukan dengan upaya yang dipilih ketika melaksanakan fungsi-fungsi tersebut. Artinya, upaya penyuluhan digunakan disesuaikan. Dengan fungsi yang akan dijalankan oleh Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga yaitu fungsi informatif dan edukatif, fungsi konsultatif, fungsi advokatif dalam pembentukan keluarga sakinah di kalangan mualaf. Ketiga fungsi tersebut dijalankan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga, sebagai contoh (1) fungsi informatif dan edukatif, Penyuluh Agama Islam menggunakan metode ceramah pada kegiatan majelis tiap pekan di Pondok Baitul Ridwan Sidorejo, (2) fungsi konsultatif dengan melakukan metode silaturahmi yang biasanya metode ini digunakan jika ada masalah yang membutuhkan penyelesaian pendekatan konseling, sedangkan (3) fungsi advokatif dengan melakukan metode musyawarah kepada para mualaf yang terlibat dalam permasalahan yang dapat merusak ketentraman dalam berumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2023 21:40
Last Modified: 08 Nov 2023 21:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19251

Actions (login required)

View Item View Item