PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SPIRITUAL LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL WENING WARDOYO UNGARAN KABUPATEN SEMARANG

Nikmah, Anna Nihayatul (2023) PERAN PENYULUH AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU SPIRITUAL LANSIA DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL WENING WARDOYO UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Anna Nihayatul Nikmah 43020190092.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Anna Nihayatul Nikmah 43020190092.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nikmah, Anna Nihayatul. 2023. Peran Penyuluh Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Spiritual Lansia di Rumah Pelayanan Sosial Lansia “Wening Wardoyo” Ungaran Kabupaten. Semarang. Skripsi, Salatiga: Progam Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah Universetas Islam Negri (UIN) Salatiga 2023, Pembimbing : Dra. Sri Suparwi, M.A Kata kunci : Penyuluh Agama Islam, Spiritualitas, Lansia Penelitian ini membahas tujuan untuk: (1) peran penyuluh agama Islam dalam meningkatkan perilaku spiritual lansia di rumah pelayanan sosial lansia “Wening Wardoyo” Ungaran kabupaten Semarang, dan (2) proses yang dilakukan oleh penyuluh agama Islam dalam meningkatkan perilaku spirituals lansia di rumah pelayanan sosial lansia “Wening Wardoyo” Ungaran kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat filed research dengan mendekatan deskripstif kualitatif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawacara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjuk bahwa (1) Penyuluh Agama Islam memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan perilaku spiritual pada lansia, dengan adanya penyuluhan keagamaan para lansia mengalami perubahan dibandingkan awal masuk ke panti, dengan mengikuti kegiatan penyuluhan keagamaan para lansia merasa hati dan fikiran menjadi lebih tenang, serta juga merasa lebih dekat dengan Allah swt. Selain dari semakin meningkatnya spiritual lansia juga mengalami perubahan perilaku yang semakin baik dari pada sebelumnya. (2) proses yang dilakukan penyuluh untuk meningkatkan perilaku spiritual. Penyuluh memberikan pembinaan pada lansia agar perilaku spiritual mereka semakin baik dan meningkat meraka memberikan materi melalu tausiah dan terkadang juga melakukan praktek. Dimana penyuluh mengunakan beberapa metode dalam penyuluhan, seperti metode pendekatan kelompok, metode penyuluhan yang dilakukan secara langsung dengan mengunakan indera penglihatan, pendengaran, dan indra yang dimiliki oleh manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:11
Last Modified: 09 Nov 2023 00:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19253

Actions (login required)

View Item View Item