Majid, Aulya Safar Abdul (2023) IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DAN SIKAP TENGGANG RASA SISWA DI SMP ISLAM SUDIRMAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024v. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (0B) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
|
Text
NASKAH SKRIPSI AULYA SAFAR AM 23010190348.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi budaya religius siswa; 2) Implementasi sikap tenggang rasa siswa; 3) Faktor pedukung dan penghambat implementasi budaya religius dan sikap tenggang rasa di SMP Islam Sudirman Tengaran Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilaksanakan di SMP Islam Sudirman Tengaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi budaya religius siswa di SMP Islam Sudirman meliputi tiga tataran yaitu tataran nilai yang dianut berupa kejujuran, keadilan, bermanfaat bagi orang lain, rendah hati, bekerja efisien, visi ke depan, disiplin tinggi dan keseimbangan dunia dan akhirat. Tataran praktik kehesarian yaitu senyum, salam, sapa, saling hormat dan toleran, membaca doa dan asmaulhusna, membaca Al-Qur’an, shalat dhuhur berjamaah, istighasah dan doa bersama, dan peringatan hari besar Islam (PHBI). Dan tataran simbol-simbol budaya yaitu mushola, iqro dan Al-Qur’an yang digunakan untuk kegiatan BTQ dan beberapa papan slogan. 2) sikap tenggang rasa siswa di SMP Islam Sudirman Tengaran yaitu adanya sikap saling menghargai satu sama lain, menghindari sikap masa bodoh, dan bertutur kata tidak menyinggung perasaan orang lain. Selain itu siswa juga dibiasakan melaksanakan kegiatan infaq, kegiatan sosial dan kemanusiaan dan peduli lingkungan sebagai wujud sikap tenggang rasa mereka. 3) Faktor pendukung implementasi budaya religius dan sikap tenggang rasa siswa di SMP Islam Susirman Tengaran antara lain faktor pendukung implementasi budaya religius adalah dukungan dari pemimpin dan warga sekolah, dukungan orang tua siswa dan sarana prasarana sekolah. Faktor penghambat implementasi budaya religius adalah budaya globalisasi, kurangnya kompetensi dan keteladanan pendidik, dan latar belakang siswa yang berbeda. Faktor pendukung implementasi sikap tenggang rasa adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat implementasi sikap tenggang rasa adalah kontrol diri siswa dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2023 16:28 |
Last Modified: | 09 Nov 2023 16:28 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19265 |
Actions (login required)
View Item |