ANALISIS PEMBIAYAAN DANA CITA MENURUT FATWA DSN MUI DAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN (Studi Kasus di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta)

aini, Rizki nur (2023) ANALISIS PEMBIAYAAN DANA CITA MENURUT FATWA DSN MUI DAN PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN (Studi Kasus di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIZKI NUR AINI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Dana Cita, Qard, Pembiayan, Fatwa DSN MUI, POJK Mahalnya pendidikan di Indonesia terutama Uang Kuliah tunggal (UKT) menyebabkan mahasiswa tidak bisa melanjutkan studinya. Maka dari itu banyak solusi agar bisa menyelesaikan pendidikannya yaitu dengan menyediakan pembiayaan khusus di pendidikan yang sering disebut Dana Cita. 1). Bagaimana Pelaksanaan Pembiayaan Dana Cita di UIN Sunan kalijaga? 2).Bagaimana pelaksanaan pembiayaan Dana Cita di UIN Sunan Kalijaga menurut Fatwa DSN MUI? 3). Bagaimana Pelaksanaan Pembiayaan Dana Cita menurut peraturan otoritas jasa keuangan Metode Penelitian ini merupakan metode penelitian hukum lapangan (field research) dengan metode penelitian hukum kualitatif yang bersifat deskriptifdengan pendekatan yuridis empiris. Sumber data yaitu primer dan sekunder dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini bahwa pembiayaan Dana Cita di UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta, waktu pengajuan pembiayaan Dana Cita, setelah dokumen persyaratan lengkap. Jika mahasiswa UIN Sunan Kalijaga terlambat melakukan pembayaran bulanan di Dana ita, akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 100 ribu rupiah. Pelaksanaan Pembiayaan Dana Cita di UIN Sunan Kalijaga Menurut Fatwa DSN MUI bahwa Pembiayaan Dana Cita sebagian sudah sesuai dan ada sebagian lain belum sesuai dengan Fatwa DSN MUI adapun yang sesuai diantaranya pointnya Ketentuan umum dan Subjek Hukum. Namun ada beberapa yang Cita belum menerapkan yang sesuai dengan Fatwa DSN MUI yaitu dalam ketentuan yang berkaitan mekanisme sesuai psinsip syariat Islam. Adapun yang belum sesuai terlambat mengangsur Dana Cita akan dikenakan denda, hal ini dianggap pertentangan dengan prinsip syariah. Pelaksanaan Pembiayaan Dana Cita di UIN Sunan Kalijaga menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) pinjaman online bahwa Pembiayaan Dana Cita belum sesuai, karena belum menerapkan restrukturasi kredit, karena di peraturan otoritas jasa keuangan apabila peminjam tidak bisa membayar apa telah disepakati bersama akan memberikan keringanan pembayaran cicilan, penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, penggurangan tunggakan pokok, penggurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas pembiayaan.. Namun hal tersebut tidak dilakukan oleh pihak Dan Cita, hal ini menunjukkan bahwa Pembiayaan di Dana Cita tidak sejalan dengan peraturan otoritas jasa keuangan (POJK).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2023 16:39
Last Modified: 09 Nov 2023 16:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19266

Actions (login required)

View Item View Item