Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis QR Code Berbantukan Android pada Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia

AMALIA, UMMU AZKA (2023) Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis QR Code Berbantukan Android pada Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
UMMU AZKA A 12020210010.pdf

Download (9MB)

Abstract

Ummu Azka Amalia. 2023. Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Berbasis QR Code Berbantukan Android pada Pelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Maslikhah, S.Ag.M.Si. Modul elektronik (e-Modul) adalah modul yang berbentuk digital yang beradaptasi dari media cetak. Mahayukti dalam Pramana berpendapat bahwa e-modul mempunyai kelebihan yang bersifat interaktif dan mempermudah untuk memuat foto, audio, video, serta animasi. Quick Response (QR Code) adalah kode batang dua dimensi yang dapat memberikan berbagai jenis informasi melalui smartphone. Quick Response dapat menyimpan informasi lebih banyak dan mudah diakses dimanapun menggunakan internet Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-modul berbasis QR Code berbantukan android pada pelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI Ma’arif Nurul Huda Butuh Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, test, dan angket/kuesioner. Kebutuhan pengembangan bahan ajar e-modul berbasis QR Code berbantukan android sangat dibutuhkan karena kombinasi warna yang menarik, gambar yang sesuai dengan materi yang diajarkan, penggunaan bahasa yang sesuai, desain gambar yang menarik dan memberikan kesan positif, penyajian media yang melibatkan siswa, animasi/video yang sesuai dengan materi, suara/video yang jelas, suara antara animasi dan video yang sesuai. Setelah melakukan pengembangan produk peneliti melakukan uji validitas dan FGD bersama ahli media dan ahli materi. Hasil uji kelayakan produk dari ahli media mendapatkan persentase 75 % dan ahli materi 89,2 %. Masing-masing validator menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar e-modul berbasis QR Code berbantukan android sangat layak. Efektivitas bahan ajar e-modul berbasis android ini dibuktikan pada hasil uji paired sample test, memperoleh t hitung > t table yaitu 15.492 > 1,724 dengan ketentuan jika nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar pre test dan pos test siswa yang berarti pengembangan bahan ajar e-modul berbasis QR Code berbantukan android terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif Nurul Huda Butuh Kec. Sawangan Kab. Magelang Kata Kunci: E-Modul, QR Code, Android, IPA, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2023 17:08
Last Modified: 09 Nov 2023 17:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19267

Actions (login required)

View Item View Item