PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2017-2022)

Cahyaningati, Bening Hanny (2023) PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2017-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BENING HANNY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengtahui pengaruh struktur modal, kebijakan dividen, dan intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan manajemen laba sebagai variable moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2022. Sampel dalam penelitian ini menngunakan metode purposive sampling, yaitu metode menentukan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Sehingga sampel yang digunakan sebanyak 15 perusahaan. Jadi pengamatan dalam penelitian ini sebanyak 90 pengamatan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan alat bantu yaitu software Eviews 12. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa struktur modal dan kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, intellectual capital berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, manajemen laba dapat memoderasi pengaruh struktur modal terhadap kinerja keuangan, sedangkan manajemen laba tidak mampu memoderasi pengaruh kebijakan dividen dan intellectual capital. Kata Kunci: Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, dan Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:17
Last Modified: 10 Nov 2023 02:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19286

Actions (login required)

View Item View Item