PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENENTUKAN IDE POKOK MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA QUIZZIZ SISWA KELAS V SEMESTER 2 MI AL- MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hafidah, Aeni (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENENTUKAN IDE POKOK MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING DENGAN MEDIA QUIZZIZ SISWA KELAS V SEMESTER 2 MI AL- MAHMUD KUMPULREJO 01 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AENI HAFIDAH 23040190054 SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Hafidah, Aeni.2023. ”Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menentukan Ide Pokok Menggunakan Metode BLeanded Learning Dengan Media Quizizz siswa Kelas V MI Al – Mahmud Kumpulejo 01 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi . Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Ithafur Rahman, M. Hum Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Metode Bleanded Learning, Media Quizizz Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menentukan Ide Pokok melalui metode Blended Learning dengan media Aplikasi Quizizz di MI AL – Mahmud Kumpulrejo 01. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas perencanaan, pelasanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI Al – Mahmud Kumpulrejo 01 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri 16 siswa laki – laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini apabila penguasaan materi pada siswa mencapai 85%, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Bleanded Learning dengan media Quizziz dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menentukan ide pokok pada siswa kelas V MI Al - Mahmud kumpulrejo 01. Hal ini ditunjukan pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari Pre Test, siklus I, siklus II. Hal ini dapat diketahui pada nilai rata – rata ulangan harian (pre test) kelas V adalah 68,62 dengan 19 siswa yang belum tuntas dan 11 siswa sudah tuntas. Lalu dilakukan penelitian siklus I menunjukan hasil yang meningkat yaitu nilai rata – rata 77,63 dengan 14 siswa tidak tuntas dan 16 siswa tuntas, pada penelitian siklus I hasil belajar siswa masih belum maksimal maka dilakukan penelitian siklus II. Pada siklus II nilai rata – rata 92 dengan 28 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2023 14:57
Last Modified: 10 Nov 2023 14:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19289

Actions (login required)

View Item View Item