PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SDIT MUTIARA KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI

latifah, Ayu (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SDIT MUTIARA KEBONAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AYU LATIFAH NIM. 23040170113.pdf

Download (3MB)
[img] Text
AYU LATIFAH NIM. 23040170113.pdf

Download (3MB)
[img] Text
AYU LATIFAH NIM. 23040170113.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latifah, Ayu. 2022. Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SDIT Mutiara Kebonan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata kunci: peran guru, Pendidikan Karakter Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan karakter melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDIT Mutiara Kebonan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali, untuk mengetahui strategi apa yang digunakan sekolah dalam menumbuhkan pendidikan karakter siswa sehingga dalam pendidikan kewarganegaraan dapat berpengaruh membentuk karakter siswa. Untuk mengetahui hal tersebut maka penelitian ini meneliti tentang bagaimana peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode studi kasus dalam mengumpulkan sumber-sumber yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan peneliti ada tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penulis menemukan bagaimana peran guru mendidik karakter siswa, terutama guru pendidikan kewarganegaraan. Di penelitian ini peran guru dalam mendidik karakter siswa diantaranya sebagai berikut guru sebagai teladan siswa, inspirator, motivator, transformasi, dan adaptasi. Meski dalam implementasinya banyak kendala yang dihadapi tetapi SDIT Mutiara Kebonan tetap menerapkan peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam penguatan pendidikan karakter. Strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan karakter baik dalam diri siswa. Strategi yang dilaksanakan di SDIT ini yaitu menggunakan Strategi pemanduan (Cheerleading), Strategi pujian dan hadiah (Praise And Reward), Strategi definisi dan latihan (Define And Drill), Strategi penegakan disiplin (Forced Formality).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2023 16:37
Last Modified: 10 Nov 2023 16:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19294

Actions (login required)

View Item View Item