EVALUASI POTENSI KONTEN SOSIAL MEDIA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI PAI RUKUN DAN SUNAH SHOLAT MENGGUNAKAN METODE GAGNE'S NINE EVENTS OF INSTRUCTIONS DAN PRINCIPLES OF MULTIMEDIA LEARNING MAYER

Ni'mah, Miftakhun (2023) EVALUASI POTENSI KONTEN SOSIAL MEDIA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI PAI RUKUN DAN SUNAH SHOLAT MENGGUNAKAN METODE GAGNE'S NINE EVENTS OF INSTRUCTIONS DAN PRINCIPLES OF MULTIMEDIA LEARNING MAYER. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Miftakhun Ni'mah 23010190446.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Miftakhun Ni'mah 23010190446.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Miftakhun Ni'mah 23010190446.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ni’mah, Miftakhun. 2023, Evaluasi Potensi Konten Sosial Media Sebagai Bahan Ajar Materi PAI Rukun dan Sunah Sholat Menggunakan Metode Gagne’s Nine Events of Instructions dan Principles of Multimedia Learning Mayer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Andi Bahtiar Semma, M.Kom. Kata Kunci: Konten Sosial Media, Materi PAI Rukun dan Sunah Sholat, Metode Gagne’s Nine Events of Instructions, Principles of Multimedia Learning Mayer Sebagai seorang Muslim sholat merupakan ibadah yang dilakukan sehari-hari dan pelaksanaanya memerlukan ilmu agar sholat yang dikerjakan sesuai dengan ajaran Rasulullah Saw. Dalam praktek nyata tak sedikit dari kita yang belum memahami tentang rukun sholat yang harus dikerjakan dan sunah yang akan menyempurnakan ibadah sholat. Maraknya sosial media yang banyak digandrungi masyarakat tak terkecuali pelajar mendorong sebagian orang untuk membuat vidio konten pembelajaran. Kebiasaan usia pelajar dalam berselancar di media sosial membuat peneliti merasa perlu melakukan sebuah penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan vidio konten pembelajaran yang beredar luas di sosial media dapat dijadikan sebagai rujukan media pembelajaran sehingga dapat membantu pengajar dalam menjalankan tugas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitaian kualitatif dengan pendekatan thematic analysis yang merupakan salah satu cara untuk menganalisis data dengan tujuan untuk mengidentifikasi atau menemukan tema melalui data yang telah dikumpulkan. Pengumpulan data didapatkan dari sosial media Instagram, Tik-tok, dan Youtube Shorts menggunakan kata kunci (rukun sholat, sunah dalam sholat, tatacara sholat, dan gerakan sholat) dan kriteria vidio (judul mengandung unsur rukun dan sunah sholat, durasi kurang dari lima menit, vidio berbahasa Indonesia, dan memberi penjelasan yang jelas tentang rukun dan sunah sholat) yang telah ditentukan. Setelah data diseleksi maka akan didapatkan diagram PRISMA. Adapun teori yang penulis gunakan untuk menggali penelitian ini yaitu metode Gagne’s nine events of instructions dan principles of multimedia learnig Mayer. Penelitian ini dalam penerapan vidio konten pembelajara menggunakan metode Gagne’s nine events of instructions diperoleh hasil bahwa vidio yang berada pada sosial media banyak yang tidak menerapkan metode Gagne. Vidio pembelajaran yang berada di sosial media khususnya Instagram, Tik-tok dan Youtube Shorts juga belum menerapkan prinsip pembelaran multimedia. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa vidio konten pembelajaran yang berada pada sosial media tidak dapat dijadikan sebagai acuan atau rujukan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2023 19:15
Last Modified: 10 Nov 2023 19:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19302

Actions (login required)

View Item View Item