PERAN PARALEGAL DALAM MENYELESAIKAN PERKARA DI LEMBAGA KONSULTASI BANTUAN HUKUM ISLAM (LKBHI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA

, Fatimah Imaniar Karnina (2023) PERAN PARALEGAL DALAM MENYELESAIKAN PERKARA DI LEMBAGA KONSULTASI BANTUAN HUKUM ISLAM (LKBHI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FATIMAH IMANIAR _v8.1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran, Paralegal, Penyelesaian Perkara Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan Peraturan Menteri Hukum dan Asasi Manusia terhadap peran paralegal dalam memberikan bantuan hukum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi hak dan kewajiban serta peran paralegal di LKBHI IAIN Salatiga dalam menyelesaikan perkara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) yang dilakukan di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui studi dokumentasi dan wawancara dengan paralegal di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) IAIN Salatiga. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan, yaitu dengan mereduksi data yang diperoleh dari hasil penelitian, memaparkan data dan menarik kesimpulan atas data tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi hak dan kewajiban paralegal Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga telah sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 tahun 2021 tentang Paralegal dalam Pemberian Bantuan Hukum. Paralegal di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Islam (LKBHI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga bekerja dibawah supervisi Advokat dalam memberikan bantuan hukum, sehingga peran paralegal termasuk dalam kategori peran partisipatif dan tidak bertentangan dengan kewenangan Paralegal sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2021 tentang Paralegal dalam Pemberian Bantuan Hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2023 20:40
Last Modified: 10 Nov 2023 20:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19307

Actions (login required)

View Item View Item