STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RASA PERCAYA DIRI BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

ANGELINA, MARTINA (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RASA PERCAYA DIRI BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MARTINA ANGELINA ASLI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk 1) Mengetahui strategi guru pada pembelajaran PAI bagi anak tunarungu, 2) Mengetahui strategi guru dalam meningkatkan percaya diri pada anak tunarungu, 3) Mengetahui hambatan guru pada pembelajaran PAI bagi anak tunarungu, 4) Mengetahui hambatan guru dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi anak tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian anak SMA tunarungu di SLB Cepogo dan informan penelitian ini yaitu Kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, orangtua siswa dan 1 siswa tunarungu. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru pada pembelajaran Pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SLB Cepogo melalui cara: mengulang-ulang materi pelajaran, menggunakan bahasa yang sederhana, menggunakan metode tanya jawab, menggunakan metode ceramah, melakukan tes atau evaluasi dan mengoptimalkan hasil belajar. 2) Strategi guru dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi anak tunarungu di SLB Cepogo dilakukan dengan cara: mendengarkan cerita atau pengalaman sehari-harinya melalui bahasa isyarat dengan memberikan perhatian maupun pujian yang sederhana atas kreativitas maupun hasil kerjanya baik pada tugas maupun ekstrakulikulernya. 3)Hambatan yang dihadapi oleh guru pada pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunrungu di SLB Cepogo diantaranya: Keterbatasan pendengaran siswa, keterbatasan guru dalam mengajar materi yang bersifat abstrak, peran orangtua dan lingkungan sekitarnya. 4) Untuk hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan rasa percaya diri bagi anak tunarungu di SLB Cepogo disebabkan oleh: sulitnya penyesuaian diri terhadap penolakan lingkungan sekitar, adanya keraguan dalam dirinya dan kurangnya motivasi keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2023 03:42
Last Modified: 11 Nov 2023 03:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19314

Actions (login required)

View Item View Item