PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI NEW MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PENGGUNA (PERSPEKTIF PEMIKIRAN JEAN BAUDRILLARD)

Adlha, Muhammad (2023) PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI NEW MEDIA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI PENGGUNA (PERSPEKTIF PEMIKIRAN JEAN BAUDRILLARD). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_M Adlha.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi_M Adlha.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Skripsi_M Adlha.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian dengan judul “Pengaruh Instagram sebagai New Media Terhadap Perilaku Konsumsi Pengguna (Perspektif Pemikiran Jean Baudrillard)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Observasi terhadap postingan dan komentar dari berbagai kategori akun. Data penelitian yang diperoleh berupa screenshot dari Instagram selanjutnya dianalisis menggunakan perspektif Jean Baudrillard dengan teori masyarakat konsumen, manipulasi tanda, simulasi, dan hiperrealitas. Penelitian ini mengungkap adanya pengaruh dari perilaku konsumsi dari penggunaan Instagram sebagai new media. Hal ini terungkap dengan adanya pengguna yang berkomentar pada postingan di Instagram. Isi dari komentar membuktikan bahwa perilaku konsumsi pengguna seperti apa yang telah dikatakan Baudrillard. Menurut Jean Baudrillard, masyarakat postmodern menjadi masyarakat konsumen yang didalamnya termasuk konsumsi tanda. Tanda tercipta dari proses reproduksi oleh media berupa Instagram yang menjadi simulakra. Tanda yang telah direproduksi menjadi realitas semu dengan atau tanpa referensi. Ketika pengguna Instagram telah mempercayai realitas semu sebagai realitas yang baru, maka pengguna terpengaruh sebagai hiperrealitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Filsafat dan Epistemologi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 17:42
Last Modified: 13 Nov 2023 17:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19335

Actions (login required)

View Item View Item