PEMBINAAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DAN PERILAKU IHSAN PADA SISWA SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Prihati, Ayu Slamet (2023) PEMBINAAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DAN PERILAKU IHSAN PADA SISWA SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FINAL ACC SKRIPSI AYU 201.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FINAL ACC SKRIPSI AYU 201.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FINAL ACC SKRIPSI AYU 201.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FINAL ACC SKRIPSI AYU 201.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FINAL ACC SKRIPSI AYU 201.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FINAL ACC SKRIPSI AYU 201.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mendeskripsikan bagaimana pembinaan sikap toleransi beragama pada siswa SMP Negeri 3 Getasan 2) untuk mendeskripsikan bagaimana pembinaan perilaku Ihsan pada siswa SMP Negeri 3 Getasan 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung pembinaan sikap toleransi beragama dan perilaku Ihsan di SMP Negeri 3 Getasan 4) untuk mendeskripsikan faktor penghambat pembinaan sikap toleransi beragama dan perilaku Ihsan di SMP Negeri 3 Getasan 5) untuk mendeskripsikan bagaimana upaya sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama dan perilaku Ihsan di SMP Negeri 3 Getasan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni melalui teknik wawancara yang dilakukan dengan para guru-guru, siswa-siswi, serta orang tua. Selain itu menggunakan teknik observasi yang dilakukan dengan mengamati secara langsung di sekolah terkait dengan kegiatan-kegiatan pembinaan sikap toleransi beragama dan perilaku ihsan. Selanjutnya menggunakan teknik dokumentasi sebagai pendukung teknik wawancara dan teknik observasi dengan mengumpulkan foto, dan file pendukung penelitian. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembinaan sikap toleransi beragama pada siswa SMP Negeri 3 Getasan dilakukan dengan menerima keanekaragaman, berteman dengan siapapun tanpa memandang perbedaan, menghargai hak setiap orang, memberikan kesempatan berdo’a sesuai dengan agama yang diyakininya, kerjasama dalam melaksanakan suatu acara perayaan hari besar, tidak mengucilkan agama minoritas, dan saling tolong menolong serta peduli dengan teman yang berbeda agama. 2) pembinaan perilaku Ihsan di SMP Negeri 3 Getasan dilakukan dengan baik, pembinaan ini untuk menumbukan keimanan dan ketaqwaan siswa terhadap tuhan dan orantua juga masyarakat sekitarnya. 3) faktor yang mendukung pembinaan sikap toleransi beragama dan perilaku Ihsan pada siswa SMP Negeri 3 Getasan ada dua yakni faktor internal yang berasal dari dalam diri, kesadaran diri juga rasa kebhinekaan. Faktor eksternal dari orangtua jua lingkungan siuswa tinggal. 4) faktor yang menghambat pembinaan sikap toleransi beragama dan perilaku Ihsan pada siswa SMP Negeri 3 Getasan yakni kurangnya rasa percaya diri dan juga pengawasan orangtua dapat menjadi faktor penghambat pembinaan sikap tersebut. 5) Upaya sekolah dalam membangun sikap toleransi beragama dan perilalku Ihsan menggunakan dua upaya yaitu melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 18:05
Last Modified: 13 Nov 2023 18:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19337

Actions (login required)

View Item View Item