PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, JUMLAH PENDUDUK, DAN UPAH MINIMUM TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2018-2022 DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Fauzi, Susilo Ahmad (2023) PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, JUMLAH PENDUDUK, DAN UPAH MINIMUM TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2018-2022 DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SUSILO AHMAD FAUZI _ 63020190069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan kemiskinan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Wilayah Provinsi Jawa Tengah yang terdiri beberapa Kabupaten/Kota yang dikenal cukup maju dan memiliki potensi untuk meningkatkan berbagai faktor untuk menurunkan tingkat kemiskinan, seperti: indeks pembangunan manusia, jumlah penduduk, upah minimum serta didukung pula dengan adanya zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indeks pembangunan manusia, jumlah penduduk, dan upah minimum terhadap kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2022 dengan zakat sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder yang diambil dari Baznas dan website BPS Provinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan ialah data panel yaitu gabungan data time series dari tahun 2018-2022 dan data cross section sebanyak 35 kabupaten/kota. Populasi penelitian ini pada kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan pengambilan sempel jenuh. Untuk olah data menggunakan eviews 9.0 Dari analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan, sedangkan jumlah penduduk dan upah minimum berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan. Sementara zakat dapat memoderasi indeks pembangunan manusia dan jumlah penduduk terhadap kemiskinan. Namun zakat tidak dapat memoderasi upah minimum terhadap kemiskinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 18:07
Last Modified: 13 Nov 2023 18:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19338

Actions (login required)

View Item View Item