PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMBUATAN POSTER PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 TENGARAN

Falah, Naila (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMBUATAN POSTER PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Naila Falah.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI Naila Falah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pembuatan poster dalam materi sistem ekskresi pada manusia pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Tengaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklusnya terdapat empat tahapan seperti: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Tengaran yang berjumlah 32 siswa, dengan 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dokumentasi dan kuesioner. Adapun analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dengan pembuatan poster dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F pada materi sistem ekskresi pada manusia di SMP Negeri 1 Tengaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 64,68 dengan persentase ketuntasan 28,12%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas 87,18 persentase ketuntasan 87,50%. Peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Tengaran dari siklus I ke siklus II yaitu 22,50 dengan persentase ketuntasan 59,38%. Penelitian ini diberhentikan pada siklus II, hal ini dikarenakan pada siklus II sudah tercapainya ketuntasan klasikal  85% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai  75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 18:40
Last Modified: 13 Nov 2023 18:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19341

Actions (login required)

View Item View Item