WICAKSONO, TRIYOGA (2023) Analisis Pengaruh Product Innovation terhadap Marketing Performance dengan Innovation Performance dan Competitive Advantage sebagai Variabel Mediasi. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi_TriyogaW_acc0.pdf Download (1MB) |
|
Text
Skripsi_TriyogaW_acc0.pdf Download (1MB) |
|
Text
Skripsi_TriyogaW_acc0.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK wicaksono, Triyoga. 2023. Analisis Product Innovation Terhadap Marketing Performance Dengan Innovation Performance Dan Competitive Advantage Sebagai Variabel Mediasi (studi kasus pada UMKM coffeeshop kota Salatiga. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Faqih Nabhah, M.M. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan inovasi produk yang berdampak terhadap kinerja inovasi dan keunggulan bersaing dalam peningkatan kinerja pemasaran. Desain dan metode penelitian: penelitian ini dilakukan dengan sampel 52 gerai cafe atau coffeeshop di kota Salatiga. dengan desain pengambilan sample data menggunakan solvin sampling. Data yang terkumpul di olah menggunakan alat analisis software Smart(PLS) 4.0 dengan berbasis pendekatan Variance Based Structural Equation Modelling (SEM). Temuan penalitian: peneltian ini menunjukkan Product innovation berpengaruh positif signifikan terhadap Innovation performance dan Competitive Advantage, Product Innovation tidak berpengaruh signifikan Marketing performance. Innovation performance berpengaruh positif signifikan dalam memediasi Product innovation terhadap Marketing performance. Competitive Advantage tidak berpengaruh positif signifikan dalam memediasi Product innovation terhadap Marketing performance. Implikasi dan rekomendasi: Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semakin tinggi Product innovation yang dilakukan oleh UMKM Coffeeshop belum tentu akan secara spontan meningkatkan kinerja pemasaran. Variabel Innovation performance perlu digunakan supaya mampu meningkatkan kinerja pemasaran secara signifikan. Kontribusi: penelitian ini mendukung Resouce based theory dalam penerapan inovasi meningkatkan kinerja pemasaran, dan penelitian ini dapat menjadi dasar penelitian lanjutan mengenai inovasi produk terhadap marketing performance. Kata Kunci: Product innovation; Marketing Performance; Innovation performance; ompetitive Advantage
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 18:56 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 18:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19344 |
Actions (login required)
View Item |