KESADARAN HUKUM WARIS ISLAM DAN POLA PEMBAGIAN “WARIS” MASYARAKAT MUSLIM TERPELAJAR (Studi Kasus di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang)

Karimah, Kuni Ngafifatul (2023) KESADARAN HUKUM WARIS ISLAM DAN POLA PEMBAGIAN “WARIS” MASYARAKAT MUSLIM TERPELAJAR (Studi Kasus di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Kuni Ngafifatul Karimah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Kesadaran Hukum, Pola, Pembagian Waris, Muslim Terpelajar Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kesadaran hukum waris islam dan pola pembagian “waris” masyarakat muslim terpelajar di Kecamatan Borobudur. Adapun pertanyaan yang muncul yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola pembagian waris masyarakat Muslim Terpelajar di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang? (2) Bagaimana Kesadaran Hukum Masyarakat Muslim Terpelajar di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang terhadap pembagian Waris secara Islami? Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penelitian langsung dengan wawancara terhadap narasumber dan dokumentasi. Metode penelitian dan analisis kualitatif dan non-doktrinal diharapkan dapat memberi gambaran yang jelas kepada pembaca. Penulis melakukan penelitian di 10 desa di Kecamatan Borobudur kepada 10 orang muslim terpelajar yang penulis anggap layak sebagai narasumber. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kalangan muslim yang terpelajar dengan pendidikan setara Sarjana di Kecamatan Borobudur lebih banyak menggunakan hibah sebagai pola pembagian waris dan belum dapat menerapkan hukum waris Islam sesuai dengan syariat yang dijelaskan di dalam Al-Quran Q.S An-Nisa (4) Ayat 11.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 19:37
Last Modified: 13 Nov 2023 19:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item