PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING BERBANTU MEDIA TEKATEKI SILANG TERHADAP CRITICAL THINKING MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nawi, Alvina Sanita Puri Widya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE PRE-SOLUTION POSING BERBANTU MEDIA TEKATEKI SILANG TERHADAP CRITICAL THINKING MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ALVINA SANITA PWN 23060190030 FINAL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI ALVINA SANITA PWN 23060190030 FINAL.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing berbantu media teka-teki silang (crossword puzzle) terhadap Critical Thinking pada materi Sistem Gerak Manusia di SMP Muhammadiyah Salatiga Tahun Pelajaran 2023/2024 dari perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara siswa Model pembelajaran Problem Posing tipe Pre-Solution Posing dengan model pembelajaran Problem Posing untuk siswa kelas VIII. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi ekperimental desain nonequivalent control group design. Populasi 34 siswa dengan pemilihan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data diambil berdasarkan tes berupa pretest dan posttest dan non tes berupa angket, lembar observasi siswa dan juga guru. Data diolah melalui teknik analisis data berupa uji t test dengan bantuan aplikasi SPSS vers 22 yaitu normalitas, uji homogenitas, uji independent sampel t test dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan t hitung 6,499 > t tabel 2,042 dimana t tabel adalah skor mutlak. Ha disetujui dan Ho ditolak karena nilai signifikansi 0,000< 0,05. Besarnya nilai R pada hasil uji regresi linear sederhana yaitu 0,630, (R Square) dengan nilai 0,397 yang mengandung arti terdapat pengaruh variabel bebas (model pembelajaran Problem Posing tipe Presolution Posing) terhadap variabel terikat (Critical Thinking) adalah sebesar 39,7 %. Hasil di atas juga didukung dengaan hasil mean angket sebesar 81,01%, observasi siswa sebesar 77 % dan observasi guru sebesar 91%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 21:41
Last Modified: 13 Nov 2023 21:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19358

Actions (login required)

View Item View Item