PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG PADA KELOMPOK B RA TARBIYATUSSHIBYAN KEBUMEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

WIDAYATI, KURNIA ASEH (2023) PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG PADA KELOMPOK B RA TARBIYATUSSHIBYAN KEBUMEN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi kurnia akhir.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Widayati, Kurnia Aseh 2023. Pengembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Halang Rintang Pada Anak Kelompok B RA Tarbiyatusshibyan Kebumen Temanggung Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Muhamad Rozikan, M.Pd. Kata Kunci: motorik kasar, halang rintang Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah permainan halang rintang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B RA Tarbiyatusshibyan Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dlam dua siklus yang mana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B.1 RA Tarbiyatusshibyan Kebumen yang berjumlah 22 anak yang meliputi 11 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Instrumen penelitian meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi anak dan guru, lembar evaluasi anak, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan halang rintang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok B.1 di RA Tarbiyatusshibyan Kebumen tahun ajaran 2022/2023. Presentase keberhasilan Siklus I terdapat 11 anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 11 anak yang Mulai Berkembang dengan pencapaian 49,43%. Siklus II terdapat 16 anak Berkembang Sangat Baik (BSB), 6 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan tidak ada anak Mulai Berkembang (MB). Dari Siklus I dan II telah melampaui kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak sudah mencapai 87,21% sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada Siklus II ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Nov 2023 21:47
Last Modified: 13 Nov 2023 21:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/19359

Actions (login required)

View Item View Item